ANALISIS BIPLOT UNTUK EVALUASI PENGAJARAN DI JURUSAN MATEMATIKA FMIPA UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui sampai sejauh mana bahan yang diajarkan
oleh tenaga pengajar sudah dapat diterima oleh mahasiswa. Hal ini menentukan
apakah tenaga pengajar harus menggantikan cara menerangkan materi atau strategi
mengajar, supaya mahasiswa dalam mendengarkan merasa nyaman dan mengerti.
Data yang digunakan ada 2 macam yaitu data berdasarkan dosen dan variabel serta
matakuliah dan variabel. Berdasarkan data dosen dan variabel mampu menerangkan
99,98% dari total keragaman data yang sebenarnya. Hal ini menunjukkan bahwa
interpretasi yang dihasilkan mampu menerangkan dengan baik hubungan antara
kinerja pengajaran dosen di Jurusan Matematika FMIPA Universitas Jember dengan
variabel penilaian dosen disetiap semesternya pada tahun 2015/2016. Keunggulan
peubah untuk dosen menyebar merata disetiap kuadran pada gambar analisis biplot.
Sedangkan untuk data matakuliah dan variabel mampu menerangkan 99,97% dari
total keragaman data yang sebanarnya. Hal ini menunjukkan bahwa interpretasi yang
dihasilkan mampu menerangkan dengan baik hubungan antara matakuliah yang
disampaikan dosen saat mengajar di Jurusan Matematika FMIPA Universitas Jember
dengan variabel penilaian kuisoner disetiap semesternya pada tahun 2015/2016.
Keunggulan peubah untuk mata kuliah yang diampu dosen juga mentebar merata di
setiap kuadran pada gambar analisis biplot.