FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIFITAS IKLAN DALAM MENUMBUHKAN BRAND AWARENESS (Studi Pada Iklan Produk KFC di Kota Jember)
Abstract
Restoran cepat saji merupakan salah satu industri di dunia yang berkembang
dengan cepat, khususnya di area perkotaan, sebagai tanggapan terhadap gaya hidup
modern dengan fleksibilitas yang semakin meningkat. Adanya perubahan gaya hidup
serta semakin diterimanya restoran cepat saji oleh masyarakat, maka persaingan antar
gerai restoran cepat saji terhadap kualitas produk dan layanan akan semakin menonjol
dimasa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh endorser,
pesan iklan dan media periklanan terhadap efektifitas iklan dan brand awarenees
produk KFC
Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian confirmatory research, karena
penelitian ini bermaksud untuk mengkonfirmasi teori. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kota
Jember yang membeli produk KFC.Besar sampel sebanyak 114 dan diambil dengan
porpusive sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan Analisis data
menggunakan Path analisis.
Hasil dari penelitian ini adalah ada pengaruh Endorser, pesan iklan, dan media
iklanberpengaruh signifikan terhadap efektivitas iklan produk KFC.Endorser, pesan
iklan, dan media iklanberpengaruh signifikan terhadap brand awareneesproduk
KFC.Efektifitas iklan berpengaruh terhadapbrand awarenees produk KFC.variabel
independen yang mempunyai pengaruh paling kuat terhadap variabel Efektivitas iklan
(Z) adalah variabel pesan iklan (X2) yaitu sebesar 45%. Sedangkan variabel
independen yang mempunyai pengaruh paling kuat terhadap variabel brand
awarenees (Y) adalah variabel endorser yaitu sebesar 27.4% dan variabel independen
yang mempunyai pengaruh paling kuat terhadap variabel brand awarenees (Y)
melalui variabel intervening efektivitas iklan (Z) adalah variabel pesan iklan (X1)
yaitu sebesar 34.5%. Artinya peran pesan iklan memiliki peran besar dalam
mempengaruhi brand awarenees dengan peran variable efektivitas iklan sebagai
variable intervening sangat penting untuk meningkatkan Brand awarenees.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Endorser,
pesan iklan, dan media iklanberpengaruh signifikan terhadap efektivitas iklan produk
KFC.Endorser, pesan iklan, dan media iklanberpengaruh signifikan terhadap brand
awareneesproduk KFC.Efektifitas iklan berpengaruh terhadapbrand awarenees
produk KFC.