Pengembangan Modul IPA Tematik Berbasis Etnosains Kabupaten Jember pada Tema Budidaya Tanaman Tembakau Di SMP
Abstract
Modul adalah salah satu bahan ajar cetak yang memiliki kelebihan dalam
menanamkan kemandirian siswa dalam belajar, karena Siswa dapat mengulang
kembali apa yang di pelajarinya kapan saja, sehingga siswa lebih meresapi isi dari
modul. Pentingnya pendidikan yang tanggap akan keunggulan budaya atau ciri khas
suatu daerah merupakan alasan kuat bagi bangsa Indonesia untuk melakukan upaya
tersebut secara bersama dan terarah. Hal itu dibuktikan pada saat observasi dan
wawancara di SMP N 2 Rambipuji. Sumber belajar yang digunakan oleh siswa yaitu
buku teks yang berisi ilustrasi secara umum dan kurang memerhatikan potensi lokal
sekitar, sehingga kurang menarik dan memotivasi siswa untuk membacanya. Sebagai
tenaga pendidik, perlu adanya saling kontribusi dalam menanamkan pendidikan
karakter siswa melalui budaya yang ada di sekitarnya secara tematik terintegrasi pada
modul pembelajaran IPA di pendidikan menengah. Modul pembelajaran yang
dikembangkan berbasis etnosains. Penelitian ini bertujuan untuk: (1)
Mendeskripsikan kevalidan modul IPA tematik berbasis etnosains Kabupaten Jember
pada tema budidaya tanaman tembakau di SMP, (2) Mendeskripsikan efektivitas
pembelajaran menggunakan modul IPA tematik berbasis etnosains Kabupaten Jember
pada tema budidaya tanaman tembakau di SMP, (3) Mendeskripsikan respon siswa
setelah menggunakan modul IPA tematik berbasis etnosains Kabupaten Jember pada
tema budidaya tanaman tembakau pada pembelajaran.