PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PKn POKOK BAHASAN GLOBALISASI DI SDN CANTUK 01 BANYUWANGI
Abstract
Hasil observasi awal pada siswa kelas IV di SDN Cantuk 01 Banyuwangi,
diketahui bahwa guru kurang mengikutsertakan siswa dalam proses pembelajaran dan
model pembelajaran yang digunakan kurang bervariatif. Hal ini mengakibatkan
kurangnya pemahaman siswa terhadap pembelajaran PKn dan dapat dilihat dari
aktivitas belajar siswa yang cukup aktif dan hasil belajar siswa yang kurang baik pada
pra siklus. Mengatasi masalah tersebut, diperlukan suatu model pembelajaran yang
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn salah
satunya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe examples non
examples. Model pembelajaran tipe examples non examples adalah model
pembelajaran yang menggunakan contoh dan bukan contoh gambar sebagai media
untuk menyampaikan materi pelajaran.