PENGARUH SELF EFFICACY DAN LINGKUNGAN KELUARGA MELALUI MOTIVASI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh self efficacy terhadap minat berwirausaha, menganalisis lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha, menganalisis pengaruh self efficacy terhadap motivasi, menganalisis lingkungan keluarga terhadap motivasi, selain itu untuk menganalisis pengaruh motivasi terhadap minat berwirausaha, menganalisis pengaruh self efficacy dan lingkungan keluarga melalui motivasi terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember. Penelitian ini diklasifikasikan sebagai explanatory research yaitu penelitian untuk menguji hubungan antara variabel sehingga dapat diklarifikasikan dan didefinisikan secara lebih tepat. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember angkatan 2014 sebanyak 259 mahasiswa. Sampling yang digunakan yaitu simple random sampling. Jumlah sampel yang digunakan adalah 157 responden. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Alat analisis yang digunakan yaitu analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self efficacy dengan minat berwirausaha memiliki pengaruh positif dan siginfikan. Lingkungan keluarga dengan minat berwirausaha memiliki pengaruh positif dan signifikan. Self efficacy dengan motivasi memiliki pengaruh positif dan signifikan. Lingkungan keluarga dengan motivasi memiliki pengaruh positif dan signifikan. Motivasi dengan minat berwirausaha memiliki pengaruh positif dan signifikan. Self efficacy dan lingkungan keluarga melalui motivasi memiliki pengaruh positif dan signifikan dengan minat berwirausaha.