dc.description.abstract | Siswa Indonesia lemah dalam berargumentasi, mengemukakan pendapat, dan keterampilan pemecahan masalah. Berdasarkan permasalahan diatas seorang guru sebagai pelaksana dan penyampai materi pembelajaran hendaknya menerapkan proses pembelajaran yang mampu melatih siswa untuk dibiasakan berpikir mandiri untuk memecahkan masalah. Dengan demikian, agar keterampilan pemecahan masalah dapat dimiliki siswa, maka diperlukan suatu model pembelajaran yang dirancang dalam suatu perangkat pembelajaran yang mampu membantu siswa untuk dilatih dalam keterampilan pemecahan masalah. Tujuan penelitian terdiri atas: (1) Mendeskripsikan kevalidtan perangkat pembelajaran IPA untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah dari aspek kevalidtan perangkat pembelajaran dan keterbacaan buku siswa; (2) Mendeskripsikan kepraktisan perangkat pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing ditinjau dari aspek keterlaksanaan pembelajaran dan kendala dalam penerapan perangkat pembelajaran; (3) Mendeskripsikan keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari keterampilan pemecahan masalah siswa, respon siswa, dan hasil belajar siswa. | en_US |