Show simple item record

dc.contributor.authorRusmi, Indriyani
dc.date.accessioned2017-01-13T03:16:27Z
dc.date.available2017-01-13T03:16:27Z
dc.date.issued2017-01-13
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78527
dc.descriptionPROGRAM STUDI MAGISTER (S-2) PENDIDIKAN IPA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBER 2016en_US
dc.description.abstractSiswa Indonesia lemah dalam berargumentasi, mengemukakan pendapat, dan keterampilan pemecahan masalah. Berdasarkan permasalahan diatas seorang guru sebagai pelaksana dan penyampai materi pembelajaran hendaknya menerapkan proses pembelajaran yang mampu melatih siswa untuk dibiasakan berpikir mandiri untuk memecahkan masalah. Dengan demikian, agar keterampilan pemecahan masalah dapat dimiliki siswa, maka diperlukan suatu model pembelajaran yang dirancang dalam suatu perangkat pembelajaran yang mampu membantu siswa untuk dilatih dalam keterampilan pemecahan masalah. Tujuan penelitian terdiri atas: (1) Mendeskripsikan kevalidtan perangkat pembelajaran IPA untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah dari aspek kevalidtan perangkat pembelajaran dan keterbacaan buku siswa; (2) Mendeskripsikan kepraktisan perangkat pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing ditinjau dari aspek keterlaksanaan pembelajaran dan kendala dalam penerapan perangkat pembelajaran; (3) Mendeskripsikan keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari keterampilan pemecahan masalah siswa, respon siswa, dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPencemaran lingkunganen_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP MATERI PENCEMARAN LINGKUNGANen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record