MINI DRAMA “ADA APA DENGAN CINTA 2014” VERSI IKLAN LINE INDONESIA (Kajian Estetika Monroe Breadsley)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang sajian mini drama “Ada Apa Dengan Cinta 2014” dari sudut pengambilan gambar dan sajian promosi melalui sosial media. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui arti sebuah pengambilan gambar pada masing-masing tokoh, dalam mini drama “Ada Apa Dengan Cinta 2014”, serta mengetahui teknik promosi fitur terbaru “Find Alumni” pada aplikasi LINE, yang disebarkan melalui sosial media kepada khalayak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif interaktif, yaitu sebuah penelitian yang ditandai dengan adanya interaksi antara peneliti dengan yang diteliti. Data penelitian dikaji menggunakan tiga aspek teori milik Monroe Breadsley, yaitu aspek complexity, aspek unity, dan aspek intensity. Aspek complexity dapat ditemukan analisis berupa sajian karakter pada masing-masing tokoh, aspek unity dapat ditemukan analisis berupa sajian pengambilan gambar pada masing-masing adegan, dan yang terakhir adalah aspek intensity dapat ditemukan analisis berupa sajian konsistensi gambar dengan alur cerita. Mini drama “Ada Apa Dengan Cinta 2014” yang diproduksi oleh LINE memiliki ciri khas yang dapat menarik minat penonton yaitu, menggunakan aktor dan aktris yang sama pada film “Ada Apa Dengan Cinta” tahun 2002, tetapi tidak untuk sekuel kedua. Sajian mini drama untuk mempromosikan fitur terbaru LINE juga dikemas secara menarik, karena disebarkan melalui pesan sosial media, dan dapat ditonton melalui sebuah gadget.