TINDAK TUTUR BERTANYA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII SMP NEGERI 3 JEMBER
Abstract
Bahasa memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Melalui
bahasa manusia dapat menyampaikan ide atau gagasan, perasaan, dan maksud
tertentu kepada orang lain. Bahasa digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi atau
berinteraksi dalam peristiwa tutur. Salah satu peristiwa tutur yang menarik untuk
dikaji karena melibatkan berbagai tindak tutur diantaranya adalah tindak tutur
bertanya baik yang dilakukan oleh guru maupun siswa sebagaimana yang terjadi
dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 3 Jember.
Tindak tutur bertanya menarik untuk dikaji karena merupakan tindak tutur yang
dominan dalam pembelajaran. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah
wujud tindak tutur bertanya dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII
SMP Negeri 3 Jember, (2) Bagaimanakah konteks pada tindak tutur bertanya dalam
proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 3 Jember, (3)
Bagaimanakah fungsi tindak tutur bertanya dalam proses pembelajaran bahasa
Indonesia di kelas VII SMP Negeri 3 Jember. Sesuai dengan permasalahan penelitian,
tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) wujud tindak tutur bertanya dalam
proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 3 Jember, (2) konteks
pada tindak tutur bertanya dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII
SMP Negeri 3 Jember, (3) fungsi tindak tutur bertanya dalam proses pembelajaran
bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 3 Jember.