PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SALINGTEMAS (SAINS, LINGKUNGAN, TEKNOLOGI, MASYARAKAT) DI SMP
Abstract
Salah satu komponen penting untuk mendukung keberhasilan pembelajaran
IPA adalah bahan ajar. Berdasarkan hasil observasi di lapangan, umumnya bahan
ajar yang ada saat ini belum didesain sesuai dengan kebutuhan siswa dan belum
dapat digunakan sebagai bahan ajar mandiri, dimana pada pembelajaran IPA di
SMP/MTs penggunaan bahan ajar masih terbatas pada lembar kerja siswa (LKS) dan
buku paket, bahan ajar berupa modul masih jarang digunakan. Bahan ajar yang biasa
digunakan tersebut dapat mempermudah guru dalam mengelola dan mengatur proses
belajar akan tetapi masih linier dan bersifat teoritis yaitu hanya berisi ringkasan
materi, rumus-rumus, dan soal-soal latihan, belum banyak membahas IPA dalam
kehidupan sehari-hari dan aplikasinya di sekitar lingkungan siswa. Hal ini menjadi
salah satu penyebab siswa kurang tertarik belajar IPA, sehingga dapat mempengaruhi
hasil belajar siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, salah satu upaya yang dapat
dilakukan yaitu dengan mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis
Salingtemas (Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat). Sehingga, tujuan
penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan validitas modul, hasil belajar, dan respon
siswa terhadap modul pembelajaran IPA berbasis Salingtemas.