MODEL PEMBELAJARAN TEMA KONSEP DISERTAI MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA (Pokok Bahasan Pada: Teori Kinetik Gas)
Abstract
Fisika merupakan proses dan produk. Proses artinya prosedur untuk
menemukan produk fisika (fakta, konsep, prinsip, teori atau hukum) yang dilakukan
melalui langkah-langkah ilmiah (Indrawati, 2011:5). Upaya untuk meningkatkan hasil
belajar fisika adalah dengan meningkatkan kualitas pembelajaran fisika di sekolah.
Salah satu caranya yaitu dengan memvariasi model yang digunakan dalam proses
belajar mengajar. Oleh karena itu, perlu dikembangkan suatu model pembelajaran
yang sesuai dan dapat digunakan oleh guru untuk menciptakan situasi dan kondisi
kelas yang kondusif agar proses belajar mengajar dapat berlangsung sesuai dengan
tujuan yang diharapkan. Model yang diterapkan diharapkan dapat mengembangkan,
dan menggali pengetahuan siswa, serta menyadarkan siswa tentang fakta-fakta yang
ada dalam lingkungan siswa untuk dikaitkan dengan konsep dalam pembelajaran
fisika. Dengan demikian perlu dikembangkan model pembelajaran tema konsep untuk
memecahkan masalah tersebut. Model pembelajaran tema konsep menggunakan
media “masalah pokok” (berupa istilah, cerita dan gambar) sebagai kejadian rill yang
dapat difungsikan sebagai pemicu proses pembelajaran fisika yang didalamnya
memuat berbagai materi atau konsep fisika yang akan dibahas.