• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-IPS 1 PADA KOMPETENSI DASAR KONSEP PASAR DAN TERBENTUKNYA HARGA PASAR (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Gambiran Kabupaten Banyuwangi Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016)

    Thumbnail
    View/Open
    Yudi Arisona -090210301086_.pdf (2.809Mb)
    Date
    2016-12-07
    Author
    Arisona, Yudi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasidan hasil belajar siswa kelas X-IPS 1 semester genap SMA Negeri 1 Gambiran Banyuwangi pada kompetensi dasar konsep pasar dan terbentuknya harga pasar melalui penggunaan multimedia. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, metode wawancara dan metode dokumen. Berdasarkan penelitian dan analisis data yang dilakukan dapat diketahui bahwa penelitian tindakan kelas tentang penggunaan multimedia interaktif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-IPS 1 pada kompetensi dasar konsep pasar dan terbentuknya harga pasar (studi kasus di SMA Negeri 1 Gambiran Kabupaten Banyuwangi semester genap tahun ajaran 2015/2016). Skor motivasi belajar siswa sebelum menerapkan multimedia interaktif sebesar 1,4, sedangkan skor aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 1,95, dan skor pada siklus II sebesar 2,45 yang masuk dalam kategori tinggi. Penerapan multimedia interaktif dalam pembelajaran ekonomi khususnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa sebelum menggunakan multimedia interaktif memiliki ketuntasan klasikal belajar sebesar 63,6%, pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 78.123%, dan pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 84,375%. Hasil belajar siswa kelas X-IPS 1 di SMA Negeri 1 Gambiran Kabupaten Banyuwangi mengalami peningkatan setelah penerapan multimedia interaktif. Hasil belajar siswa terus meningkat seiring dengan peningkatan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil dan pembahasan, maka saran yang dapat peneliti berikan yaitu bagi guru, hendaknya terus meningkatkan dan memvariasi model pembelajaran yang diterapkan di kelas dan bagi sekolah, lebih meningkatkan fasilitas sekolah terutama media elektronik guna menunjang proses pembelajaran di sekolah serta lebih meningkatkan perhatian terhadap motivasi siswa dalam belajar karena dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78330
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository