ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN SEKTOR PARIWISATA DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PEREKONOMIAN KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN 2009 - 2013
Abstract
Pariwisata terkait dengan hampir semua sub sektor ekonomi, sehingga memiliki peranan penting dalam memberikan kontribusi perekonomian. Kabupaten Banyuwangi salah satu daerah yang memiliki potensi pariwisata yang sangat baik. Berbagai strategi – strategi untuk mengembangkan sektor pariwisata seperti melakukan promosi, inovasi melalui event – event tahunan, perbaikan sarana dan infrastruktur terus dilakukan. Dalam penelitian ini melalui analisis proporsi menunjukkan bahwa proporsi penerimaan sektor pariwisata dari segi PDRB Kabupaten Banyuwangi tahun 2009 – 2013 mengalami kenaikan dari 3,83% – 4,15%. Sedangkan dari segi Pendapatan Asli Daerah tahun 2009 – 2013 mengalami kenaikan dari 1,35% - 1,87 %. Kenaikan proporsi penerimaan sektor pariwisata tentu dipengaruhi oleh beberapa strategi – strategi pengembangan. Hasil penelitian dalam analisis TOWS strategi yang dominan untuk pengembangan sektor pariwisata adalah mengadakan event – event program tahunan yang dikemas secara menarik dengan nilai bobot 0,31058951, promosi wisata melaui media cetak dan Internet dengan nilai bobot 0,60860016, perbaikan jalan menuju tempat wisata dengan nilai bobot 0.29486784 , serta tersedianya lahan untuk menarik investor dengan nilai bobot 0,31218357. Strategi – strategi tersebut dilakukan dengan tujuan untuk memberi kenyamanan pada para wisatawan yang sedang berwisata dan meningkatkan penerimaan daerah.