• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KELAS VII G SMP NEGERI 1 JENGGAWAH

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Abd. Latif_1_17.pdf (164.4Kb)
    Date
    2013-08-20
    Author
    Abd. Latif
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil observasi awal di SMP Negeri 1 Jenggawah kelas VII G menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa masih rendah. Berdasarkan analisis data observasi awal diperoleh rata-rata aktivitas belajar siswa yaitu 44,15% siswa aktif memperhatikan atau mendengarkan penjelasan guru, 44,74% siswa aktif mencatat, 4,67% siswa aktif menjawab pertanyaan, dan 8,18% siswa aktif merumuskan kesimpulan umum. Pada pembelajaran tidak terdapat aktivitas belajar yang sesuai dengan hakikat fisika sebagai proses dan produk. Selain itu, hasil belajar fisika siswa secara klasikal belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah. Hasil ulangan harian pertama hanya 7 orang siswa (18,42%) dari 38 siswa yang memenuhi KKM. Selain aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika yang rendah, ditemukan juga bahwa penilaian yang diterapkan oleh guru hanya mengandalkan tes sebagai alat ukur. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran melalui model pembelajaran inkuiri berbasis authentic assesment. Model pembelajaran inkuiri berbasis authentic assessment menghendaki siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan menuntut siswa untuk mengkonstruksi sendiri pengetahuannya. Tampilan siswa dalam kegiatan pembelajaran dijadikan aspek dalam menentukan hasil belajar siswa sehingga siswa menjadi termotivasi untuk menampilkan kemampuan terbaiknya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran inkuiri berbasis authentic assessment pada siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Jenggawah, dan 2) untuk mendeskripsikan peningkatan ketuntasan hasil belajar fisika siswa melalui model pembelajaran inkuiri berbasis authentic assessment pada siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Jenggawah Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas sehingga subyek penelitian sudah ditetapkan yaitu siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Jenggawah yang terdiri dari 38 siswa dan dimulai dari tanggal 27 Oktober 2011 sampai 10 November 2011 pada semester ganjil tahun ajaran 2011/2012. Desain penelitian ini menggunakan adaptasi dari siklus Hopkins yang terdiri atas identifikasi masalah, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang diperoleh adalah aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar fisika siswa serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa. Dari hasil analisis kegiatan observasi didapatkan bahwa besarnya persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal secara keseluruhan pada pra siklus sebesar 26,64%, pada siklus 1 mencapai 42,44%, dan pada siklus 2 mencapai 53,78% sehingga mengalami peningkatan sebesar 15,8% dari pra siklus ke siklus 1 dan 11,34% dari siklus 1 ke siklus 2. Ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan hasil belajar pada pra siklus yaitu dari 42,11% pada pra siklus menjadi 81,58% pada siklus 1 dan 92,11% pada siklus 2 dan telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal hasil belajar yang ditetapkan oleh sekolah secara klasikal. Oleh karena itu, aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa dapat dikatakan mengalami peningkatan dari pra siklus ke siklus 1 dan dari siklus 1 ke siklus 2. Selain itu, berdasarkan data hasil penilaian diri dan wawancara dengan siswa, menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri berbasis authentic assessment mendapatkan respon yang positif dari siswa. Dari hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri berbasis authentic assessment dapat meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa. Model pembelajaran inkuiri berbasis authentic assessment dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran fisika yang dapat meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/783
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository