PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (GENERATIVE LEARNING) DISERTAI MEDIA PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS 2 DI MAN 1 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Pembelajaran sejarah membutuhkan keterampilan berpikir kritis dalam
menafsirkan makna peristiwa sejarah untuk menumbuhkan kesadaran sejarah peserta
didik dengan tujuan pembelajaran sejarah di sekolah yaitu mengembangkan
pengetahuan, pemahaman, pemikiran kritis, keterampilan praktis, minat, dan perilaku
peserta didik. Berdasarkan realiatas yang ada, pembelajaran sejarah cenderung kurang
mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam merekonstruksikan pengetahuan
baru dan kurang menggunakan media dalam pembelajaran. Oleh karena itu, pendidik
perlu menerapkan model pembelajaran dan media yang menuntut peserta didik untuk
berpikir secara kritis. Salah satunya yaitu model pembelajaran generatif (generative
learning) disertai media Pictorial Riddle