PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE (GGE) DENGAN WORD WEBS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (Siswa Kelas X-6 SMA Negeri 1 Pakusari Jember Pokok Bahasan Ekosistem)
Abstract
Temuan fakta ketika dilakukan observasi di kelas X-6 SMA Negeri 1 Pakusari
Jember nilai siswa pada mata pelajaran biologi terdapat 70,96% siswa belum
mencapai kriteria ketuntasan maksimal yang ditetapkan yaitu 75. Hal ini disebabkan
oleh pembelajaran yang cenderung berorientasi pada buku teks dan berpusat pada
guru. Rendahnya kualitas pembelajaran salah satunya disebabkan oleh pembelajaran
yang cenderung berorientasi pada buku teks dan berpusat guru serta kurang
memberikan kesempatan kepada siswa terlibat dalam proses mengembangkan
keterampilan berpikir mereka. Padahal untuk memahami suatu soal yang bersifat
analisis dan memberikan jawaban yang bervariasi diperlukan keterampilan berpikir
kreatif. Berpikir kreatif adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi yang
mengkombinasikan berpikir logis dan berpikir divergen. Melihat permasalahan
tersebut, perlu adanya pembelajaran yang menuntut siswa terlibat secara aktif dan
berpikir kreatif dalam memahami konsep-konsep biologi. Pembelajaran yang dapat
mengembangkan kemampuan berpikir kreatif harus berangkat dari pembelajaran yang
membuat siswa aktif.