dc.description.abstract | Program acara Pesbukers yang berarti Pesta Buka Bareng Selebritis awalnya
merupakan program yang dibuat khusus untuk menemani pemirsa menjelang buka
puasa di bulan Ramadhan, namun karena rating program acara ini semakin bagus jadi
disiarkan juga setiap harinya mulai hari Senin hingga Jumat. Selain itu, nama
program acara Pesbukers merupakan plesetan dari situs jejaring sosial facebook yang
sedang menjadi trend di kalangan masyarakat dan menjadikan program acara ini
mudah diingat masyarakat. Pada program acara Pesbukers berisi tentang gambaran
kehidupan sehari-hari dengan banyolan atau gurauan anak gaul dan fenomena yang
ada di masyarakat. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
estetika program acara Pesbukers dan bagaimana penataan artistik sajian acara
program Pesbukers episode 17 Agustus 2015 di ANTV. Dengan menggunakan
metode deskriptif kualitatif, diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat bagi semua
pihak dalam menganalisis program variety show melalui kajian estetika.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan teori estetika Jakob Sumardjo.
Teori tersebut sejatinya untuk mengkaji tayangan acara yang berupa naskah cerita,
panggung, penataan artistik, dan wardrobe. Unsur sinematik dan naratif sebagai
pendukung program acara Pesbukers sehingga diketahui keberhasilan acara variety
show dalam membangun suasana maupun tokoh yang diceritakan. Penataan artistik
sajian acara dikaji dengan merujuk pada spek panggung, Tata Artistik, dan wardrobe.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa acara Pesbukers pada episode 17
Agustus 2015 merupakan bentuk komodifikasi yang mengambil tradisi dari
masyarakat Indonesia yang kemudian dijadikan sebuah tayangan dalam program
Pesbukers. Sehingga tim kreatif mengakomodasi kegiatan tersebut untuk membuat
tayangan Pesbukers edisi ini yang berbeda dengan yang lain. Jadi, bahwasannya
tayangan pada edisi ini menekankan pada prinsip 17-an. | en_US |