dc.description.abstract | Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan tempat
penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian
ini dilaksanakan di MAN 1 Jember. Sampel penelitian ditentukan setelah
dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel penelitian
menggunakan cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah
the post-test only control group design. Metode pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Metode analisis
data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah independent
Sample T-test dengan berbantuan software SPSS 20.
Data motivasi belajar siswa diperoleh dari hasil angket yang diisi oleh
siswa setelah dilaksanakan semua proses pembelajaran yang menggunakan model
kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan metode eksperimen. Setelah
data diuji diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.009. Berdasarkan analisis data
motivasi belajar Sig. (1-tailed) sebesar 0.0045 atau 0.010<0.05. Hasil analisis data
dikonsultasikan dengan pedoman pengambilan keputusan, maka hipotesis nihil ()
ditolak dan hipotesis alternatif () diterima, sehingga motivasi belajar kelas
eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil pengujian
disimpulkan bahwa model kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together)
dengan metode eksperimen berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar
siswa pada mata pelajaran fisika kelas X.
Data hasil belajar diperoleh dari nilai hasil post-test siswa pada kelas
eksperimen dan kontrol. Analisis data hasil belajar menunjukkan nilai rata-rata
kelas ekperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil analisis data
menggunakan uji-t diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 atau nilai Sig. <
0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nihil () ditolak dan hipotesis alternatif
() diterima.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian
ini adalah: (1) Model kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan metode
eksperimen berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran fisika
di SMA kelas X (Studi pada kelas X MIA di MAN 1 Jember), (2) Model
kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan metode eksperimen
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika di SMA kelas
X (Studi pada kelas X MIA di MAN 1 Jember). | en_US |