• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK KELOMPOK A DALAM MENGENAL HURUF MELALUI PERMAINAN KARTU HURUF DI TK DHARMA WANITA TEGAL GEDE KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    Merinda Eka Etianingsih -120210205008_.pdf (4.150Mb)
    Date
    2016-11-21
    Author
    Eka Etianingsih, Merinda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan mengenal huruf merupakan tahap perkembangan anak dari belum tahu menjadi tahu tentang keterkaitan bentuk dan bunyi huruf, sehingga anak dapat mengetahui bentuk huruf dan memaknainya Anak usia 4-5 tahun dalam lingkup perkembangan keaksaraan sudah mampu mengenal simbol huruf vokal dan konsonan, membuat coretan yang bermakna, meniru. Berdasarkan hasil observasi pada kelompok A di TK Dharma Wanita Tegal Gede Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember kemampuan anak khususnya dalam mengenal huruf masih belum optimal. Hal ini terlihat pada saat pembelajaran anak masih kesulitan saat menyebutkan huruf yang lafal dan bentuknya mirip, misalnya “d” dengan “b”, “f” dengan “v”, dan terbalik saat menirukan huruf “p” dengan “b”, “m” dengan “w”. Keadaan ini dipicu oleh kegiatan pembelajaran yang diberikan oleh guru kelas kurang menarik kegitan pembelajaran tersebut berupa dekte, kegiatan dekte ini dimulai dengan guru menulis beberapa huruf di papan tulis kemudian dikenalkan cara membaca huruf tersebut, setelah itu guru membagikan buku pada anak dan anak diminta menulis huruf atau kata sesuai yang diucapkan guru. Akibatnya suasana belajar tidak menyenangkan karena dalam proses pembelajaran anak cenderung pasif dan mudah bosan, sehingga hasil belajar yang diperoleh anak dalam mengenal huruf masih kurang yaitu terdapat 4 orang anak yang menunjukkan kategori sangat baik, 5 anak menunjukkan kategori baik, 5 anak menunjukkan kategori cukup, dan 6 anak menunjukkan kategori kurang.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78155
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository