PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B MELALUI PERMAINAN PETAK UMPET DI TK DHARMA INDRIA I KECAMATAN PATRANG KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
Keterampilan motorik kasar anak adalah keterampilan menggerakkan otototot
besar yang ada pada tubuh, motorik kasar merupakan keterampilan yang harus di
kembangkan karena motorik kasar membantu daya tahan tubuh anak dari hal-hal
yang berhubungan dengan fisik, Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada
kelompok B di TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun
Pelajaran 2015/2016, dapat diketahui bahwa keterampilan motorik anak masih
rendah. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan pada tanggal 07
November 2015, terdapat adanya sejumlah anak yang perkembangan motorik
kasarnya kurang berkembang, berjumlah 30 anak pada kelompok B, terdapat lebih
30% yang motorik kasarnya belum berkembang. Hal ini disebabkan dari sebagian
anak tersebut belum terbiasa melakukan permainan yang melatih otot, dalam kegiatan
berlari atau melompat, anak belum bisa melakukannya dengan baik, adapula sebelum
melakukan kegiatan dengan gerakan yang berat anak menangis atau mengeluh karna
takut terjatuh.
Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini
yaitu : Bagaimanakah Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Anak Kelompok B
Dalam Bermain Petak Umpet di TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten
Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?”. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka
tujuan penelitian yaitu : Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan
Keterampilan Motorik Kasar Anak Kelompok B Dalam Bermain Petak Umpet di TK
Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian dilakukan di TK Dharma Indria I Keamatan Patrang kabupaten
jember. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Dharma
Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember yang berjumlah 30 anak, yang terdiri
dari 15 anak laki-lai dan 15 anak perempuan. Jenis penelitian yang dilakuakan adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan,
observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,
wawancara, dokumentasi dan tes unjuk kerja. Analisis data yang digunakan yaitu
analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan permainan petak umpet
meningkatkan keterampilan motorik kasar anak kelompok B TK Dharma Indria I
Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016. Nilai rata-rata
kelas pada pra siklus 46,8, siklus I 69,4, dan siklus II meningkat menjadi 86,3.
Kesimpulan dari peneltian ini adalah penerapan permainan petak umpet dapat
meningkatkan keterampilan motorik kasar anak kelompok B TK Dharma Indria I
Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016. Saran bagi guru
yaitu : 1) Guru, Hendaknya menerapkan permainan petak umpet agar keterampilan
motorik kasar anak kelompok B meningkat secara berkelanjutan. 2) hendaknya
sangat diperhatikan juga merapkan permainan petak umpet juga dapat
mengembangkan keterampilan lainya 3) guru hendaknya lebih kreatif dalam
pembelajaran agar anak tidak pasif di dalam kelas.