PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP
Abstract
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) memiliki peranan penting dalam
meningkatkan kualitas pendidikan serta memfokuskan pada peningkatan
pengetahuan siswa tentang diri sendiri dan alam sekitarnya. Hasil survei Trends in
International Mathematics and Science Survey (TIMSS) yang meneliti
kemampuan anak-anak kelas VIII dalam bidang Matematika dan Sains
menunjukkan bahwa rata-rata skor prestasi sains (IPA) Indonesia berada di bawah
rata-rata internasional. Di sisi lain, dalam International Physic Olimpiads (IPhO)
prestasi Indonesia dalam olimpiade fisika dari tahun ke tahun meningkat. Hal ini
membuktikan bahwa anak-anak Indonesia memiliki kecerdasan yang setara dan
mampu bersaing dengan anak-anak dari negara lain, termasuk dari negara-negara
maju jika mendapat kesempatan belajar dengan metode yang baik salah satunya
dengan metode yang menyenangkanm.
Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pengaruh model Quantum Teaching
berbantuan video animasi terhadap hasil belajar dalam pembelajaran IPA di SMP.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian
ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini
dilaksanakan di SMPN 1 Tapen. Responden penelitian ditentukan setelah
dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random
sampling. Rancangan penelitian menggunakan Design Randomized Post Test
Only Control Group. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes,
observasi, dan dokumentasi . Analisa data dalam penelitian ini menggunakan uji
Independent Sample T Test.
Analisis data dari hasil belajar siswa diperoleh siginifikansi sebesar 0.012
atau < 0,05. Berdasarkan pedoman pengambilan keputusan maka dapat
disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara kelas yang menerapkan
model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan video animasi dan kelas yang
tidak menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan video
animasi. Perbedaan hasil belajar tersebut ada pada semua ranah, baik pada hasil
belajar kognitif, psikomotor, maupun afektif. Berdasarkan analisis data yang
diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: ada pengaruh yang
signifikan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan video animasi
terhadap hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran IPA di SMP.