• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Ambar Utarida -110210102068_.pdf (2.039Mb)
    Date
    2016-11-18
    Author
    Utarida, Ambar
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) memiliki peranan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan serta memfokuskan pada peningkatan pengetahuan siswa tentang diri sendiri dan alam sekitarnya. Hasil survei Trends in International Mathematics and Science Survey (TIMSS) yang meneliti kemampuan anak-anak kelas VIII dalam bidang Matematika dan Sains menunjukkan bahwa rata-rata skor prestasi sains (IPA) Indonesia berada di bawah rata-rata internasional. Di sisi lain, dalam International Physic Olimpiads (IPhO) prestasi Indonesia dalam olimpiade fisika dari tahun ke tahun meningkat. Hal ini membuktikan bahwa anak-anak Indonesia memiliki kecerdasan yang setara dan mampu bersaing dengan anak-anak dari negara lain, termasuk dari negara-negara maju jika mendapat kesempatan belajar dengan metode yang baik salah satunya dengan metode yang menyenangkanm. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pengaruh model Quantum Teaching berbantuan video animasi terhadap hasil belajar dalam pembelajaran IPA di SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Tapen. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan Design Randomized Post Test Only Control Group. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi . Analisa data dalam penelitian ini menggunakan uji Independent Sample T Test. Analisis data dari hasil belajar siswa diperoleh siginifikansi sebesar 0.012 atau < 0,05. Berdasarkan pedoman pengambilan keputusan maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara kelas yang menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan video animasi dan kelas yang tidak menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan video animasi. Perbedaan hasil belajar tersebut ada pada semua ranah, baik pada hasil belajar kognitif, psikomotor, maupun afektif. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan video animasi terhadap hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran IPA di SMP.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78114
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository