• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEBELUM MENGIKUTI BIMBEL DAN SESUDAH MENGIKUTI BIMBEL DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR DELTA JEMBER TAHUN 2016

    Thumbnail
    View/Open
    AHMAD RIYAN SAMPORNA -110210301065_.pdf (1.116Mb)
    Date
    2016-11-18
    Author
    SAMPORNA, AHMAD RIYAN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keberhasilan suatu proses pembelajaran dapat dilihat dari prestasi belajar yang diperoleh peserta didik. Upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik, banyak dijumpai layanan Lembaga Bimbingan Belajar swasta (nonformal) di sekitar masyarakat. Kehadiran lembaga bimbingan belajar tersebut diharapkan dapat membantu peserta didik agar mampu melakukan penyesuaian diri dengan tuntutan akademis, sosial, dunia kerja, dan tuntutan psikologis sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Pelayanan bimbingan belajar di luar sekolah diharapkan mampu berjalan secara terpadu dengan program pengajaran yang ada di sekolah. Begitu halnya pada Lembaga Bimbingan Belajar DELTA Jember, dimana pada lembaga bimbingan belajar berusaha memberikan pelayanan yang maksimal kepada peserta didik agar dapat memperoleh prestasi belajar yang maksimal. Sesuai dengan permasalahan yang ada, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa sebelum mengikuti bimbingan belajar dan sesudah mengikuti bimbingan belajar di Lembaga Bimbingan Belajar DELTA Jember tahun 2016. Sehingga hipotesis dalam penelitian ini adalah diduga ada perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara siswa sebelum mengikuti bimbel dengan sesudah siswa mengikuti bimbel di LBB Delta Jember tahun 2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area yaitu di Lembaga Bimbingan Belajar Delta Jember. Untuk menentukan populasi penelitian menggunakan metode purposive, sedangkan untuk menentukan jumlah responden dalam penelitian menggunakan metode populasi yaitu sebanyak 55 siswa yang mengikuti program reguler selama 1-2 tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: kuesioner (angket), observasi, dokumen, dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu analisis inferensial dengan menggunakan Paired Sampel T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan prestasi belajar siswa sebelum mengikuti bimbingan belajar dengan sesudah mengikuti bimbingan belajar di LBB Delta Jember tahun 2016 secara signifikan, sehingga Ho diterima dan H ditolak yang artinya tidak ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa sebelum mengikuti bimbingan belajar dan sesudah mengikuti bimbingan belajar di LBB Delta Jember. Hal tersebut dapat dilihat dari thit ≥ ttab (11,718 > 2,00488) dan α = 0,025 > sig = 0,000 dengan nilai beda rata-rata sebesar -4,34545. Banyak dari siswa kelas XII di Lembaga Bimbingan Belajar Delta Jember yang mengikuti program regular mengalami peningkatan prestasi belajar yang mereka peroleh. Hal tersebut dikarenakan dengan mengikuti bimbingan belajar di Delta Jember, para siswa tersebut diberikan pembelajaran yang lebih lengkap dan singkat mengenai materi pembelajaran yang diajarkan di sekolah, sehingga siswa menjadi lebih mudah dalam memahami materi pembelajaran yang diajarkan tersebut. Jadi prestasi belajar siswa mengalami peningkatan daripada sebelum ikut dalam Lembaga Bimbingan Belajar Delta Jember tersebut. Adapun saran yang dapat diberikan bagi pihak Lembaga Bimbingan Belajar Delta Jember, yaitu untuk terus meningkatkan kinerja tentor pada bimbingan belajar tersebut. Metode pembelajaran yang diterapkan juga harus lebih ditingkatkan lagi. Selain itu, untuk fasilitas yang ada di LBB Delta sebaiknya lebih ditingkatkan lagi terutama luas ruang kelas. Dan bagi siswa, untuk lebih meningkatkan belajar agar dapat meningkatkan prestasi belajarnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78107
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository