• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B2 MELALUI KEGIATAN BERMAIN BALOK DI TK ILMU AL-QUR’AN SEMPUSARI KALIWATES JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    Hafidhatur Risqiyah -120210205070_.pdf (1.954Mb)
    Date
    2016-11-18
    Author
    RISQIYAH, Hafidhatur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan Kognitif memegang peran penting bagi individu dalam kehidupan sehari-hari. Namun secara keseluruhan kemampuan kognitif pada kelompok B2 TK Ilmu Al-Qur’an Sempusari Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 masih kurang berkembang, karena di saat guru melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan beberapa kegiatan dalam satu hari, hal ini mengakibatkan anak tidak bisa berkonsentrasi penuh saat mengerjakan tugas, anak menjadi terburu-buru dalam mengerjakannya dan anak juga mudah lelah. Hasil belajar dalam kemampuan kognitif anak yang dilakukan melalui beberapa kegiatan menunjukkan bahwa dari 20 anak dalam kelompok B2 hanya 9 anak yang sudah mulai berkembang kemampuan kognitifnya dengan baik, dan sisanya sebanyak 11 anak kemampuan kognitifnya masih kurang berkembang, untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti akan memfokuskan pembelajaran pada satu kegiatan saja, sehingga nantinya mendapatkan hasil yang memuaskan sesuai dengan harapan. Berdasarkan latar belakang yng telah dikemukakan, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penerapan kegiatan bermain balok dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B2 di TK Ilmu Al- Qur’an Sempusari Kaliwates Jember tahun pelajaran 2015/2016? ; dan (2) bagaimanakah peningkatan kemampuan kognitif anak kelompok B2 melalui kegiatan bermain di TK Ilmu Al-Qur’an Sempusari Kaliwates Jember tahun pelajaran 2015/2016?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan penerapan kegiatan bermain balok yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B2 di TK Ilmu Al- Qur’an Sempusari Kaliwates Jember tahun pelajaran 2015/2016; (2) meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B2 di TK Ilmu Al-Qur’an Sempusari Kaliwates Jember tahun pelajaran 2015/2016 setelah melakukan kegiatan bermain balok. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian oleh Kemmis dan MC Taggart. Metode pengumpulan data yng digunakan dalam penelitian ini yaitu metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Proses kegiatan bermain balok dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak dilaksanakan dalam 2 siklus. Melalui kegiatan bermain balok untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B2 TK Ilmu Al-Qur’an Tahun Pelajaran 2015/2016 dapat ditingkatkan. Penerapan bermain balok dalam meningkatan kemampuan kognitif anak kelompok B TK Ilmu Al-Quran Sempusari Kaliwates Jember dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I dilasanakan didalam kelas dengan 3 kelompok sesuai warna bangku dan untuk menyusun balok tidak di waktu. Anak di ajak untuk menentukan warna balok, bentuk balok, menyebutkan bagian-bagian dari bangunan yang di susun, menyebutkan kembali benda-benda yang baru saja dilihat sedangkan pada siklus II dilaksanakan di dalam kelas dengan 3 kelompok sesuai warna bangku, anak diminta kurang lebih dari 5 menit untuk menyusun balok menjadi bangunan rumah agar mendapat nilai bintang 4. Anak di ajak untuk menentukan warna balok, bentuk balok, menyebutkan bagian-bagian dari bangunan yang di susun, menyebutkan kembali benda-benda yang baru saja dilihat, serta anak di ajak menyanyikan lagu bentuk besertagerakannya. Peningkatan kemampuan kognitif melalui kegiatan bermain balok anak kelompok B2 TK Ilmu Al-Qur’an Sempusari Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 dapat ditingkatkan. Nilai rata-rata kelas pada pra siklus 42,75, pada siklus I meningkat menjadi 69, dan nilai rata-rata kelas pada siklus II meningkat menjadi Berdasarkan tindakan yang telah dilakukan pada pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kognitif melalui kegiatan bermain balok, maka hasil dan pembahasan disimpulkan sebagai berikut: Proses kegiatan bermain balok dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak dapat diterapkan melalui pembelajaran dengan bermain.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78090
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository