PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PT. CEMENT PUGER JAYA RAYA SENTOSA JEMBER (Penelitian pada Konsumen Semen Puger di Kecamatan Kaliwates, Sumbersari, dan Patrang)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Bauran Pemasaran Tehadap Keputusan Pembelian Produk PT. Cement Puger Jaya Raya Sentosa Jember (Penelitian pada Kecamatan Kaiwates, Sumbersari, Patrang)”. PT. Cement Puger Jaya Raya Sentosa adalah suatu pabrik baru yang bergerak dibidang pembuatan bahan bangunan berupa semen. Pabrik semen ini menjadi pabrik semen pertama yang ada dikabupaten Jember. Faktor berdirinya pabrik ini adalah adanya batu kapur Puger yang terkenal dengan predikat batu kapur terbaik di Jawa timur. Sebagai perusahaan semen yang besar dan pertama yang ada di Kabupaten Jember membuat PT. Cement Puger Jaya Raya Sentosa dapat memonopoli pemasaran diwilayah Jember, termasuk wilayah Kecamatan Kaiwates, Sumbersari, Patrang. PT. Semen Puger Jaya Raya Sentosa merupakan perusahaan yang masih baru dan belum dikenal pasar sesuai dengan level jangkauan pasarnya bisa dikatakan sebagai follower. Pemasaran Semen Puger sendiri saat ini sudah mencakup wilayah besuki raya dan pulau Bali, selain itu juga sudah sampai dibeberapa provinsi yang ada dipulau Jawa. Proses pemasaran yang dilakukan oleh PT. Cement Puger Jaya Raya Sentosa tentunya tidak lepas dari 4P (Marketing Mix). Bauran pemasaran sangat berpenaruh terhadap suatu proses pemasaran produk yang dihasilkan oleh perusahaan sebagai alat untuk sampainya produk ketangan konsumen.
Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran (X) yang terdiri dari produk (X1), harga (X2), promosi (X3), dan distribusi (X4) secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian (Y) Produk PT. Cement Puger Jaya Raya Sentosa Jember. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif dengan klasifikasi penelitian berdasarkan tujuannya yaitu eksplanasi, dimana statistik yang digunakan untuk menganalisis data sampel dan hasilnya akan digeneralisasikan untuk populasi dimana sampel diambil. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah konsumen Semen Puger di kecamatan Kaliwates, Sumbersari, Patrang dengan jumlah sampel 125 responden. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil pengujian koefisien dari analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa: 1) bauran pemasaran (X) yang terdiri dari produk (X1) secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) Produk PT. Cement Puger Jaya Raya Sentosa Jember; 2) bauran pemasaran (X) yang terdiri dari harga (X2) secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) Produk PT. Cement Puger Jaya Raya Sentosa Jember; 3) bauran pemasaran (X) yang terdiri dari promosi (X3) secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) Produk PT. Cement Puger Jaya Raya Sentosa Jember; 4) bauran pemasaran (X) yang terdiri dari distribusi (X4) secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) Produk PT. Cement Puger Jaya Raya Sentosa Jember; 5) bauran pemasaran (X) yang terdiri dari produk (X1), harga (X2), promosi (X3), dan distribusi (X4) secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) Produk PT. Cement Puger Jaya Raya Sentosa Jember. Hasil dari penelitian ini adalah variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk adalah variabel harga karena harga produk Semen Puger lebih murah dibandingkan dengan harga produk semen lainnya. Sedangkan Variabel yang paling lemah pengaruhnya terhadap keputusan pembelian produk adalah variabel distribusi karena pendistribusian Semen Puger masih melalui agen resmi. Berdasarkan kuesioner yang dijawab oleh 125 responden dapat disimpulkan bahwa konsumen memilih produk Semen Puger karena faktor harga Semen Puger yang murah.