dc.description.abstract | Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dan desain
penelitian Pre-Experimental Design bentuk One-Group Pretest-Posttest Design yang
sesuai dengan tujuan dan permasalahan dalam penelitian yaitu untuk menganalisis
pengaruh penggunaan media pembelajaran film terhadap minat dan hasil belajar
peserta didik. Tahap pengumpulan data dilakukan dengan cara: (1) angket; (2) tes;
dan (3) wawancara. Analisis data yang digunakan untuk mendapatkan hasil dari
penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis statistik uji t dua sampel
berhubungan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media film terhadap minat
belajar peserta didik diperoleh hasil thitung (14,216) > ttabel (2,064) dan untuk
mengetahui pengaruh penggunaan media film terhadap hasil belajar peserta didik
diperoleh hasil thitung (14,812) > ttabel (2,064) dan teknik analisis statistik uji Analisis
variasi satu jalur (One-way Anova) untuk mengetahui pengaruh minat belajar
terhadap hasil belajar peserta didik diperoleh hasil Rasio F (5,320) > Ftabel (3,44).
Pengolahan data dilakukan dengan bantuan aplikasi software SPSS versi 23 for
windows.
Hasil penelitian pengaruh penggunaan media pembelajaran film terhadap
minat dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah kelas XI IPS MA Al-
Badri Gumuksari-Kalisat Jember menunjukkan hasil bahwa: (1) ada pengaruh yang
signifikan penggunaan media pembelajaran film terhadap minat belajar peserta didik
pada pembelajaran sejarah; (2) ada pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap
hasil belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah; dan (3) ada pengaruh yang
signifikan penggunaan media pembelajaran film terhadap hasil belajar peserta didik
pada pembelajaran sejarah.
Kesimpulan secara garis besar dalam penelitian ini adalah penggunaan
media pembelajaran film dapat mempengaruhi secara signifikan minat belajar dan
hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS MA Al-Badri
Gumuksari-Kalisat Jember. Minat belajar sejarah pada peserta didik juga dapat
mempengaruhi hasil belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah kelas XI IPS
MA Al-Badri Gumuksari-Kalisat Jember.
Melalui kesimpulan diatas, maka saran dari peneliti adalah agar peserta didik
dapat memahami dan melaksanakan pembelajaran sejarah yang menyenangkan
dengan menggunakan media pembelajaran film, pendidik dan calon pendidik sejarah
diharapkan dapat memperluas wawasan dalam menggunakan media pembelajaran
untuk meningkatkan kualitas belajar dan pembelajaran yang menyenangkan bagi
peserta didik, sekolah diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan
menggunakan media pembelajaran film, dan bagi peneliti lain diharapkan dapat
mengembangkan untuk penelitian lebih lanjut yang berkaitan dengan penggunaan
media pembelajaran film. | en_US |