• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN REQUEST (RESUME, QUESTION, INVESTIGATION, SOLUTION, PRESENTATION) UNTUK MEMBERDAYAKAN KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN RETENSI HASIL BELAJAR SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN IPA

    Thumbnail
    View/Open
    Jiniari Apriska Dewi - 140220104017_.pdf (8.389Mb)
    Date
    2016-11-17
    Author
    DEWI, Jiniari Apriska
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses pembelajaran IPA menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar peserta didik menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Salah satu model pembelajaran yang lebih banyak melibatkan siswa untuk aktif selama proses pembelajaran adalah model pembelajaran Reciprocal Teaching (RT). Penggunaan model RT akan menjadi kesempatan bagi siswa untuk meningkatkan aktivitasnya, khususnya aktivitas lisan sehingga hasil belajar kognitifnya akan meningkat. Akan tetapi masih ada kelemahan RT yaitu keterbatasan literatur yang dimiliki oleh siswa untuk tahap mengklarifikasi jawaban. Kelemahan tersebut bisa diminimalisir dengan menambahkan metode baru sehingga siswa tidak kembali terpaku dengan buku sebagai sumber belajar dalam tahap klarifikasi jawaban. Model pembelajaran lain yang juga cocok dengan pembelajaran IPA adalah model pembelajaran Problem based Learning (PBL) karena dalam proses pembelajarannya peserta didik harus berbuat sesuatu, mengetahui dan menemukan masalah kemudian memecahkan masalah tersebut. PBL masih memiliki kelemahan yaitu dalam tahap menemukan masalah. Perpaduan RT dan PBL diharapkan akan memberikan pengalaman belajar yang maksimal kepada peserta didik. Berdasarkan beberapa kelebihan masing-masing strategi tersebut maka dikembangkan suatu model pembelajaran baru, yaitu model pembelajaran REQUEST (Resume, Question, Investigation, Solution, Presentation) dengan sintaks yang mengakomodir kelebihan model pembelajaran RT dan PBL. Pengembangan model pembelajaran REQUEST akan mencerminkan keterlibatan siswa secara aktif yang nantinya akan melatih siswa untuk memberdayakan keterampilan metakognisi dan juga meningkatkan retensi hasil belajar siswa. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran REQUEST yang valid dan praktis serta memberdayakan keterampilan metakognitif yang didukung dengan peningkatan retensi siswa. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model penelitian pengembangan Borg and Gall (1983) sehingga dihasilkan produk berupa model pembelajaran REQUEST. Model pembelajaran REQUEST terdiri dari tahap menyusun resume sebelum kegiatan pembelajaran, menemukan masalah yang disusun dalam bentuk pertanyaan, melakukan kegiatan investigasi untuk menyelesaikan masalah dan mencari solusi terbaik dari hasil kegiatan investigasi untuk dipresentasikan di depan kelas. Hasil validasi menunjukkan rerata persentase 80,77% dan 82,05% yang menunjukkan bahwa model REQUEST telah valid dan didukung adanya respon positif guru dan juga siswa setelah menggunakan model pembelajaran REQUEST. Model pembelajaran REQUEST mampu meningkatkan keterampilan metakognisi siswa secara nyata ( P = 0,000) dengan perbedaan sebesar 8,11% dimana model pembelajaran REQUEST memiliki kemampuan yang lebih besar dibandingkan pembelajaran multistrategi. Model pembelajaran REQUEST mampu memberdayakan keterampilan metakognisi siswa karena melalui pembelajaran ini siswa dapat mengembangkan kreativitasnya dalam mencari solusi dari permasalahan yang mereka temukan serta memberi peluang bagi siswa untuk berpikir secara independen Model pembelajaran REQUEST mampu meningkatkan retensi hasil belajar siswa tetapi tidak secara nyata ( P = 0,268). Retensi hasil belajar siswa yang difasilitasi dengan model pembelajaran REQUEST hanya 3,68% lebih besar dibandingkan retensi hasil belajar siswa pada kelas kontrol yang diberi pembelajaran multistrategi. Rendahnya perbedaan tersebut dikarenakan kedua strategi pembelajaran sama-sama memberikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa sehingga tingkat retensi hasil belajar siswa cenderung sama.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77979
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository