Strategi Pemasaran yang Sesuai Guna Memasarkan Rumput Laut Hasil Budidaya Kabupaten Sumenep
Abstract
Pada umumnya setiap perusahaan menganut salah satu konsep atau filosofi
pemasaran. Konsep pemasaran ini biasanya dipengaruhi dengan banyak hal salah
satunya kebijakan pemerintah tentang keikutsertaan Indonesia terhadap Asean
Economic Community (AEC) yang merupakan pasar bebas ASEAN sehingga
mempengaruhi pelaku usaha salahsatunya Koperasi Anika Usaha yang bergerak
dalam budidaya rumput laut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi
pemasaran yang sesuai bagi koperasi. Penelitian ini bertempat di Koperasi Anika
Usaha Kabupaten Sumenep, dan mulai penelitian tanggal 10 Januari 2016.
Penelitian ini menggunakan metode kajian tindak (action research). Populasi
dalam penelitian ini adalah pihak-pihak yang paham atau mengerti tentang Koperasi Anika Usaha. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data
sekunder. Analisis faktor-faktor internal perusahaan digunakan untuk mengetahui
adanya kekuatan dan kelemahan, sementara faktor-faktor eksternal untuk mengetahui
peluang dan ancaman yang terdapat pada Koperasi Anika Usaha. Salah satu
instrumen yang dapat digunakan untuk menganalisis faktor-faktor kekuatan,
kelemahan, peluang dan ancaman dengan tujuan untuk menghasilkan strategi
pemasaran yang tepat pada perusahaan adalah menggunakan analisis SWOT.
Pada penelitian ini, posisi strategi koperasi pada diagram SWOT berada di
kuadran satu yang berarti strategi yang harus diterapkan adalah kebijakan
pertumbuhan yang agresif.
Koperasi Anika Usaha harus melakukan kerjasama atau kordinasi yang baik
dengan pihak instansi pemerintahan terutama DIPERINDAG Kabupaten Sumenep,
hal ini bertujuan agar pihak koperasi dapat bersaing pada pasar AEC.