Show simple item record

dc.contributor.advisorWahyuni, Sri
dc.contributor.advisorYushardi
dc.contributor.authorLESTARI, Ivana
dc.date.accessioned2016-11-17T03:15:15Z
dc.date.available2016-11-17T03:15:15Z
dc.date.issued2016-11-17
dc.identifier.nim100210102044
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77960
dc.description.abstractBerdasakan observasi terhadap beberpa bahan ajar untuk siswa yang selama ini beredar memiliki kelemahan. Kelemahannya yakni bahan ajar yang digunakan sebagian besar masih berupa textbook sehingga siswa kurang tertarik dan termotivasi untuk membaca. Hal ini menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami konsep IPA tersebut, sehingga hasil belajar siswa juga rendah. Strategi yang dilakukan peneliti untuk mengatasi permasalahan di atas yaitu dengan melakukan penelitian pengembangan bahan ajar yang dapat memotivasi siswa untuk belajar yakni melalui media bahan ajar berbasis komik. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar IPA berbasis komik yang valid sehingga layak digunakan selama proses pembelajaran, mengetahui motivasi belajar siswa selama menggunakan bahan ajar IPA berbasis komik, dan mengetahui hasil belajar siswa setelah seluruh pembelajaran selesai. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar IPA berbasis komik pada materi gerak di SMP. Tempat uji pengembangan bahan ajar IPA ini yaitu SMPN 2 Balung. Subyek penelitian dalam uji pengembangan ini adalah siswa kelas VIIF yang digunakan sebagai populasi. Pemilihan kelas yang akan dijadikan sebagai responden penelitian pengembangan dilakukan dengan teknik simple random sampling yaitu mengambil satu kelas secara acak dari seluruh populasi yang digunakan sebagai responden uji pengembangan. Sumber data diperoleh dari siswa kelas VIIF SMPN 2 Balung, guru IPA dan bagian Tata Usaha. Pengembangan bahan ajar IPA menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D dengan sedikit modifikasi didalamnya, sehingga peneliti hanya melakukan tiga tahapan yaitu tahap pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Metode pengambilan data terdiri dari instrument pengambilan data dan teknik perolehan data. Instrumen pengambilan data terdiri dari lembar validasi ahli dan lembar motivasi belajar siswa. Data yang digunakan lembar validasi dan lembar observasi. Teknik perolehan data yang digunakan adalah validasi logic, observasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah validasi logic, hasil observasi motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa. Analisa data yang dilakukan meliputi analisa terhadap validitas bahan ajar IPA berbasis komik, motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa. Hasil dari validasi logic diperoleh bahan ajar IPA berbasis komik berkategori valid setelah dilaksanakan proses validasi oleh ketiga validator diperoleh data 4,18 sehingga layak digunakan pada uji pengembangan di kelas. Berdasarkan observasi dan analisa data yang telah dilakukan, menunjukkan prosentase minat dan perhatian siswa terhadap pelajaran adalah sebesar 82,9, prosentase semangat siswa untuk melaksanakan tugas belajarnya sebesar 87,6, prosentase rasa senang siswa selama mengikuti pembelajaran adalah 82,2, prosentase tanggungjawab siswa untuk melaksanakan tugas belajarnya sebesar 87,6, prosentase rasa senang siswa selama mengikuti pembelajaran adalah 82,2, prosentase tanggungjawab siswa untuk melaksanakan tugas-tugas belajarnya memperoleh nilai 81,75, dan untuk prosentase reaksi yang ditunjukkan siswa terhadap stimulus yang diberikan guru sebesar 86,22. sehingga motivasi belajar siswa secara classical adalah 84,13% jadi dapat disimpulkan siswa termotivasi selama pembelajaran berlangsung. Hasil belajar siswa dalam ranah kognitif yaitu 67 sehingga berkategori sedang, untuk hasil belajar ranah afektif yakni 84,6 berkategori tinggi. Sehingga jika dihitung hasil belajar classical adalah 75,8 berkategori tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahan ajar IPA berbasis komik yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid dan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, namun belum bisa menciptakan hasil belajar yang tinggi pada setiap ranahnya dikarenakan kurangnya latihan-latihan soal untuk sisw. Motivasi belajar siswa yang tinggi tidak menjamin hasil belajar yang tinggi pula. Adapun sebab motivasi belajar siswa menjadi tinggi karena siswa tertarik menggunakan bahan ajar IPA berbasis komik yang baru mereka kenal.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPENGEMBANGAN BAHAN AJARen_US
dc.subjectKOMIKen_US
dc.titlePENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS KOMIK PADA POKOK BAHASAN GERAK DI SMPen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record