• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP GEOMETRI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DI KELOMPOK B TK NIRA INDRIA KECAMATAN GENDING KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    ARISKA DEWI LARASSATI - 120210205060_.pdf (3.585Mb)
    Date
    2016-11-17
    Author
    DEWI LARASSATI, ARISKA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Konsep geometri merupakan bagian dari pengembangan kognitif anak usia dini terutama pada usia 3-4 tahun. Pada tahap ini anak diharapkan dapat belajar berkosentrasi, anak dapat menjalankan secara seimbang antara koordinasi mata dan tangan serta mengenal dan memahami bangun geometri secara langsung. Pembelajaran geometri hendaknya difokuskan pada penyelidikan dan pemanfaatan ide-ide, sifat-sifat, dan hubungan antar bangun-bangun geometri.Pengertian yang dimaksud dalam penguasaan konsep geometri pada anak usia dini yaitu bangun datar sederhana ( segitiga, segi empat, lingkaran) yang sama dan posisinya dalam suatu ruang. Kenyataannya, pada kelompok B TK Nira Indria kecamatan Gending kabupaten Probolinggo pembelajaran kognitif tentang konsep geometri, guru memberikan pemahaman visual kolosal dalam kelas pada anak. Pembelajaran menjadi tidak menarik dan membosankan, kurang memberikan anak aktif, serta kurang mewujudkan interaksi antar anak. Sehingga kelas menjadi ramai dan anak tidak menguasai secara mendasar pengenalan konsep awal geometri pada usia dini. Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran index card match dalam meningkatkan penguasaan konsep geometri di kelompok B TK Nira Indria Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2015/2016? 2). Bagaimanakah peningkatan penguasaan konsep geometri melalui strategi pembelajaran index card match di kelompok B TK Nira Indria Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2015/2016 ? Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian adalah: 1) Mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran index card match dalam meningkatkan penguasaan konsep geometri di kelompok B TK Nira Indria Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2015/2016. 2) Meningkatkanxi penguasaan konsep geometri melalui strategi pembelajaran index card match di kelompok B TK Nira Indria Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2015/2016. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Nira Indria kecamatan Gending kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), rancangan penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggart menggunakan 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Tindakan penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, metode pengumpulan data penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes praktik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan strategi pembelajaran melalui index card match dapat meningkatkan penguasaan konsep geometri pada anak kelompok B di TK Nira Indria kecamatan Gending kabupaten Probolinggo yaitu melalui tahap guru menyampaikan tujuan pembelajaran, menunjukkan media, menjelaskan materi, mempraktekkan cara belajar dan bermain menggunakan kartu index card match secara detail, dan tanya-jawab tentang permainan yang telah dilalui, 2) peningkatan penguasaan konsep geometri melalui strategi index card match di kelompok B TK Nira Indria kecamatan gending kabupaten Probolinggo setelah diterapkan strategi pembelajaran melalui index card match pada siklus I yaitu dari 19 anak terdapat 14 anak yang sudah tuntas dalam pembelaran dan terdapat 5 anak yang belum tuntas dan pada siklus II dapat diketahui dari 19 anak terdapat 17 anak yang sudah tuntas dalam pembelajaran dan terdapat 2 anak yang belum tuntas. Berdasarkan hasil analisis maka dapat di simpulkan bahwa melalui strategi pembelajaran index card match dapat meningkatkan penguasaan konsep geometri anak kelompok B di TK Nira Indria kecamatan Gending kabupaten Probolinggo. Saran bagi guru, hendaknya dapat menerapkan strategi pembelajaran index card match sebagai alternatif dalam proses pembelajaran, khususnya dalam meningkatkan penguasaan konsep geometri anak, bagi kepala sekolah hendaknya memfasilitasi dan memperbanyak media dalam meningkatkan penguasaan konsep geometri anak.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77956
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository