• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES COMPUTER BASED TEST-HIGHER ORDER THINKING (CBT-HOT) PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    faiqotul himah -120210102025_.pdf (8.695Mb)
    Date
    2016-11-17
    Author
    Himah, FAIQOTUL
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses pembelajaran yang dikendaki berdasarkan kurikulum 2013 adalah proses pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan sifat pembelajaran yang kontekstual. Jadi, pada dasarnya pembelajaran saat ini menuntut siswa lebih berperan aktif dalam menemukan dan mengembangkan pengetahuan. Oleh karena itu, siswa tidak hanya dituntut memiliki kemampuan berpikir tingkat rendah atau lower order thinking saja, tetapi sampai pada kemampuan berpikir tingkat tinggi atau higher order thinking. Salah satu cara untuk dapat melatih dan meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yaitu dengan memberikan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi. Namun pada kenyataannya di sekolah, tes yang diberikan masih belum berorientasi untuk melatih dan meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Selain itu seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, saat ini dapat dilakukan tes berbasis komputer dengan menggunakan sistem aplikasi website. Akan tetapi pada kenyataannya pelaksanaan tes dilapangan masih cenderung bersifat konvensional. Padahal tes yang masih bersifat konvensional ini memiliki beberapa masalah diantaranya yaitu kurang efektif, efisien, tidak menarik dan tidak up to date. Satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu mengembangkan paket tes berpikir tingkat tinggi yang dikemas dengan memanfaatkan komputer. Oleh sebab itu, diadakanlah penelitian pengembangan instrumen tes Computer Based Test-Higher Order Thinking (CBT-HOT) pada mata pelajaran fisika di SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan validitas logis instrumen tes Computer Based Test-Higher Order Thinking (CBTHOT) pada mata pelajaran fisika di SMA, (2) mendeskripsikan validitas empiris instrumen tes Computer Based Test-Higher Order Thinking (CBT-HOT) pada mata pelajaran fisika di SMA, (3) mendeskripsikan reliabilitas instrumen tes Computer Based Test-Higher Order Thinking (CBT-HOT) pada mata pelajaran fisika di SMA, dan (4) mendeskripsikan respon siswa setelah melaksanakan tes dengan menggunakan instrumen tes Computer Based Test-Higher Order Thinking (CBTHOT) pada mata pelajaran fisika di SMA. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan Borg and Gall yang dilakukan sampai tahap ketujuh. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Jember. Hasil analisis deskriptif untuk validitas logis instrumen tes Computer Based Test-Higher Order Thinking (CBT-HOT) pada mata pelajaran fisika di SMA diperoleh sebesar 79,4% dengan tingkat validitas valid. Sedangkan untuk validitas empiris instrumen tes Computer Based Test-Higher Order Thinking (CBT-HOT) mencapai tingkat validitas sangat valid dengan skor 92.1%. Selanjutnya, analisis hasil uji reliabilitas terhadap instrumen tes Computer Based Test-Higher Order Thinking (CBT-HOT) dinyatakan bahwa paket tes A, B, C, dan E memiliki reliabilitas dengan kategori sedang karena berada pada interval 0,40 ˂ r ≤ 0,60, sedangkan paket tes D memiliki reliabilitas dengan kategori tinggi karena berada pada interval 0,60 ˂ r ≤ 0,80. Respon siswa terhadap instrumen tes Computer Based Test-Higher Order Thinking (CBT-HOT) pada mata pelajaran fisika di SMA adalah positif untuk aspek kualitas teknik sebesar 94,9% dan aspek kualitas instruksional sebesar 99,3%. Berdasarkan hasil analisis data di yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa 1) validitas logis instrumen tes Computer Based Test-Higher Order Thinking (CBT-HOT) pada mata pelajaran fisika di SMA dikategorikan valid, 2) validitas empiris instrumen tes Computer Based Test-Higher Order Thinking (CBT-HOT) pada mata pelajaran fisika di SMA dikategorikan sangat valid, 3) hasil dari uji reliabilitas produk menunjukkan bahwa paket tes A, B, C, dan E memiliki reliabilitas dengan kategori sedang, sedangkan paket tes D memiliki reliabilitas dengan kategori tinggi, dan 4) respon siswa terhadap instrumen tes Computer Based Test-Higher Order Thinking (CBT-HOT) pada mata pelajaran fisika di SMA adalah positif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77944
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository