PENGARUH STORE ATMOSPHERE, HARGA, DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Cafe Kolong Jember)
Abstract
Pengaruh Store Atmosphere, harga, dan Word Of Mouth Terhadap
Keputusan Pembelian (Studi Pada cafe kolong di Jember); Arif Putro
Romadhon, 100910202028; 2016: 139 Halaman; Program Studi Ilmu
Administrasi Bisnis Jurusan Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu
Politik Universitas Jember.
Cafe menjadi tempat berkumpul bagi para konsumen yang ingin rehat
sejenak dari padatnya aktivitas, banyaknya cafe menjadikan persaingan bisnis
didunia cafe, hal ini menyebabkan cafe perlu melakukan sebuah inovasi, inovasi
yang dilakukan bermacam macam, mulai dari menciptakan suasana toko (Store
Atmosphere). Store Atmosphere diterapkan karena store atmosphere dapat
merangsang konsumen untuk melakukan pembelian dan berlama-lama di cafe
tersebut, selain store atmosphere juga terdapat harga, karena harga yang
terjangkau juga akan mempengaruhi keputusan pembelian. Cafe kolong diduga
merupakan salah satu cafe di jember yang menggunakan store atmosphere dan
juga harga, cafe kolong dipilih karena uniknya cafe, hal ini dapat dilihat dari
tempat cafe yang berada di bawah jembatan jalan mastrip Jember. Selain store
atmosphere dan juga harga, promosi Word Of Mouth (dari mulut kemulut) yaitu
promosi yang secara tidak langsung dilakukan oleh konsumen yang berupa
seringnya berbicara tentang masalah cafe mampu merangsang daya tarik
konsumen untuk melakukan pembelian disana.
Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis pengaruh Store
Atmosphere (X1), harga (X2) dan Word Of Mouth (X3) secara parsial dan simultan
terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) (studi pada cafe kolong di Jember).
Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif dengan
klasifikasi penelitian berdasarkan tujuannya yaitu eksplanasi, dimana statistik
yang digunakan untuk menganalisis data sampel dan hasilnya akan
digeneralisasikan untuk populasi dimana sampel diambil. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh konsumen cafe kolong dengan jumlah sampel 60orang. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil
pengujian koefisien dari analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa; 1)
Store Atmosphere (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian konsumen (Y) (studi pada cafe kolong di Jember); 2) Promosi (X2)
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen (Y)
(studi pada cafe kolong di Jember); 3) Word Of Mouth (X3) berpengaruh positif
dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) (studi pada cafe
kolong di Jember); 4) Store Atmosphere (X1), harga (X2), dan Word Of Mouth
(X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen
(Y) (studi pada cafe kolong di Jember).