• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN IMPULSIF PRODUK SEMBAKO PADA INDOMARET (Studi pada Ritel Modern Jalan Jawa dan Jalan Sumatera Kota Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    Novi Indra Harsono - 090810201268_1.pdf (247.4Kb)
    Date
    2013-12-11
    Author
    Novi Indra Harsono
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan pemasaran yaitu memenuhi dan memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Maka pemasar harus mempelajari dan memahami bagaimana konsumen berperilaku. Salah satu karakter unik konsumen Indonesia, adalah konsumen yang cenderung tidak memiliki perencanaan pembelian atau dalam penelitian ini disebut sebagai pembelian impulsif. Pembelian impulsif yang dilakukan konsumen tentunya tidak hanya dipandang sebagai pembelian saja tetapi sekaligus juga merupakan peluang yang sangat besar bagi pemasar untuk meningkatkan volume penjualan produk mereka.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis, mengetahui dan membuktikan faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumen melakukan pembelian impulsif serta mengetahui faktor yang paling dominan memengaruhi perilaku konsumen melakukan pembelian impulsif. Penelitian ini menggunakan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan ritel Indomaret di Jalan Jawa & Sumatera Kota Jember. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode Accidental Sampling (Man to Man Questionery) dengan memberikan kuisioner kepada 100 responden secara acak. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor dan analisis regresi linier berganda. Analisis faktor digunakan untuk mereduksi data, yaitu proses untuk meringkas sejumlah variabel menjadi lebih sedikit dan menamakannya sebagai faktor. Analisis regresi merupakan salah satu analisis yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh suatu variabel terhadap variabel lain. Berdasarkan hasil analisis faktor terbentuk 5 faktor yaitu faktor pertama pramuniaga, faktor kedua ketidaktersediaan produk, faktor ketiga ruang pamer/display produk, faktor keempat suasana lingkungan toko, dan faktor kelima: program promosi. Hasil uji simultan menunjukkan kelima faktor yaitu pramuniaga, ketidaktersediaan produk, ruang pamer/display produk, suasana lingkungan toko dan program promosi secara bersama–sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian impulsive pada Indomaret jalan Jawa dan Sumatera di Jember. Hasil uji parsial menunjukkan pramuniaga, ketidaktersediaan produk, suasana lingkungan toko, dan program promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian impulsive pada Indomaret jalan Jawa dan Sumatera di Jember. Sedangkan ruang pamer/display produk secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian impulsive pada Indomaret jalan Jawa dan Sumatera di Jember. Dari kelima faktor tersebut ketidaktersediaan produk memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian impulsive pada Indomaret jalan Jawa dan Sumatera di Jember. Hasil uji determinasi menunjukkan bahwa 46,4% keputusan pembelian impulsif pada Indomaret jalan Jawa dan Sumatera di Jember itu dapat dijelaskan oleh varabel pramuniaga, ketidaktersediaan produk, ruang pamer/display produk, suasana lingkungan toko dan program promosi, sedangkan sisanya sebesar 53.6% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model regresi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7789
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12397]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository