PENGARUH SELEBRITI PENDUKUNG DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KERUDUNG ELZATTA PADA MAHASISWI JEMBER
Abstract
Pertumbuhan dan perubahan ekonomi serta kegiatan bisnis yang
semakin pesat menuntut perusahaan mengembangkan strategi pemasarannya
untuk menarik dan mempertahankan konsumen. Keberhasilan perusahaan dalam
mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembeliannya sangat didukung
melalui upaya membangun komunikasi kepada konsumen dengan membangun
merek kepada konsumen dengan strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh selebriti pendukung dan citra merek terhadap
keputusan pembelian kerudung elzatta.
Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian penjelasan (explanatory
research), karena penelitian ini bermaksud untuk menjelaskan hubungan kausal
(sebab-akibat) antar variabel melalui pengujian hipotesis yang telah dirumuskan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini
tidak diketahui secara pasti sehingga pengambilan sampel ditentukan dengan total
indikator dikalikan 10 parameter untuk pengambilan sampel n= 6×18 = 108
sampel, sementara pengambilan sampel ditentukan dengan Judgemental
(porpusives sampling). Data dikumpulkan menggunakan kuesioner sementara
analisis data yang digunakan adalah regresi, uji F dan uji T.
Hasil penelitian didapatkan bahwa berdasarkan Uji F diketahui bahwa
secara bersama-sama variabel Endorser (X1) dan Citra Merek (X2) berpengaruh
signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan kontribusi sebesar 60.5%.
Berdasarkan hasil Uji T diperoleh nilai thitung sebesar 5.889 (Endorser x1), nilai
thitung sebesar 4.713 (Citra merek x2) lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1.98282
hal ini berarti secara parsial Endorser (X1) dan Citra Merek (X2) berpengaruh
secara signifikan (nyata) terhadap Keputusan Pembelian. Berdasarkan hasil uji F
dan Uji T diperoleh persamaan Y= -3.668+ 0.476X1 + 0.381X2, artinya semakin
baik endorser dan citra merek maka akan semakin meningkat pula keputusan
pembelian kerudung elzatta.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa Selebriti Pendukung (X1) dan Citra
Merek (X2) berpengaruh signifikan baik secara simultan ataupun parsial terhadap
Keputusan Pembelian kerudung Elzatta pada Mahasiswi Jember.