Show simple item record

dc.contributor.advisorSULARSO, R. Andi
dc.contributor.advisorIRAWAN, Bambang
dc.contributor.authorHARDININGTYAS, Ria Sri
dc.date.accessioned2016-11-16T02:33:18Z
dc.date.available2016-11-16T02:33:18Z
dc.date.issued2016-11-16
dc.identifier.nimNIM140820101051
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77862
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi intensi perilaku nasabah atas layanan internet banking dengan mengadopsi kerangka konseptual Technology Acceptance Model (TAM) yang dikembangkan oleh Davis pada tahun 1989. Penelitian ini merupakan penelitian replikasi dengan menambah satu variabel independen yaitu variabel persepsi resiko. Peneliti mengambil sampel di PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk. cabang Jember. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar 200 kuesioner kepada nasabah PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk. cabang Jember yang menggunakan layanan internet banking. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan software AMOS versi 22. Hasil dari pengujian data menunjukkan bahwa persepsi kegunaan, kemudahan penggunaan, dan risiko mempengaruhi secara signifikan terhadap sikap penggunaan internet banking namun variabel intensi perilaku penggunaan hanya dipengaruhi secara signifikan oleh variabel persepsi kemudahan penggunaan dan tidak dipengaruhi secara signifikan variabel persepsi kegunaan dan risiko. Variabel sikap mempengaruhi secara signifikan intensi perilaku penggunaan internet banking. Hasil tersebut menunjukkan bahwa intensi perilaku penggunaan layanan internet banking dipengaruhi paling utama oleh faktor kemudahan penggunaan. Layanan yang berguna belum tentu akan tetap digunakan bila dirasa sulit untuk dioperasikan. Faktor resiko ternyata tidak sampai mempengaruhi intensi nasabah untuk tetap menggunakan layanan internet banking. Hal ini berimplikasi pada pengembangan layanan internet banking PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk. cabang Jember seharusnya lebih berfokus pada kemudahan aplikasi dan sosialisasi terkait cara penggunaan agar layanan ini tetap dan semakin digunakan oleh nasabah sehingga pada akhirnya dapat menurunkan biaya operasional bank dalam memberikan layanan transaksi perbankan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140820101051;
dc.subjectTechnology Acceptance Model (TAM)en_US
dc.subjectInternet Bankingen_US
dc.titlePENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, RESIKO TERHADAP SIKAP DAN INTENSI PERILAKU NASABAH DALAM PENGGUNAAN INTERNET BANKING DI PT. BANK MUAMALAT INDONESIA, TBK CABANG JEMBERen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record