REGISTER PENDIDIKAN PADA TUTURAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SD NEGERI YOSOWILANGUN KIDUL 01 KABUPATEN LUMAJANG
Abstract
Register adalah variasi bahasa yang menyangkut penggunaan bahasa untuk
keperluan dan yang berhubungan dengan suatu bidang kegiatan atau profesi tertentu
misalnya, bidang pertanian, kesehatan, pendidikan. Register bidang pendidikan dapat
ditemukan dalam pembelajaran di SD Negeri Yosowilangun Kidul 01 Kabupaten
Lumajang. Register pendidikan menarik untuk dikaji karena dalam proses
pembelajaran penggunaannya sangat bervariasi.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) bagaimanakah register pendidikan
yang digunakan oleh guru di dalam menjelaskan pelajaran pada proses pembelajaran
di SD Negeri Yosowilangun Kidul 01 Kabupaten Lumajang, (2) Bagaimanakah
register pendidikan yang digunakan oleh guru di dalam memberikan perintah pada
proses pembelajaran di SD Negeri Yosowilangun Kidul 01 Kabupaten Lumajang, (3)
bagaimanakah istilah-istilah bidang pendidikan pada tuturan guru dalam yang proses
pembelajaran di SD Negeri Yosowilangun Kidul 01 Kabupaten Lumajang. Sesuai
dengan permasalahan penelitian, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1)
register pendidikan yang digunakan oleh guru di dalam menjelaskan pelajaran pada
proses pembelajaran di SD Negeri Yosowilangun Kidul 01 Kabupaten Lumajang, (2)
register pendidikan yang digunakan oleh guru di dalam memberikan perintah pada
proses pembelajaran di SD Negeri Yosowilangun Kidul 01 Kabupaten Lumajang. (3)
Istilah-istilah bidang pendidikan pada tuturan guru dalam yang proses pembelajaran
di SD Negeri Yosowilangun Kidul 01 Kabupaten Lumajang. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah rancangan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah
penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa kata, frasa, klausa, kalimat dan
istilah, dalam bahasa lisan guru yang merupakan fenomena register.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa register pendidikan pada tuturan guru
dalam menjelaskan pelajaran di SD Negeri Yosowilangun Kidul 01 Kabupaten
Lumajang dapat ditemukan pada kegiatan menyampaikan informasi, yang ditandai
oleh penggunaan penanda waktu, (sekarang, hari ini, bulan depan, besok); kegiatan
menerangkan yang ditandai oleh penggunaan kata-kata kesimpulan (jadi), kata-kata
yang menunjukkan urutan kegiatan, (pertama, setelah itu), dan kata-kata penanda
contoh/ilustrasi (contoh, misalnya); kegiatan memberikan motivasi yang ditandai oleh
kata-kata prasyarat (kalau) dan kata ganti orang (kamu, kalian); kegiatan mengajukan
pendapat pribadi yang ditandai oleh penggunaan kata ganti orang (Ibu guru).
Register pendidikan pada tuturan guru dalam memberikan perintah ditandai oleh
penggunaan imbuhan –kan. Istilah- istilah bidang pendidikan pada tuturan guru
dalam proses pembelajaran di SD Negeri Yosowilangun Kidul 01 Kabupaten
Lumajang terdiri atas lima kategori yang meliputi, istilah dalam lingkup materi atau
isi pelajaran, nama matapelajaran atau bidang pembelajaran, komponen pendidikan,
sarana pembelajaran atau alat pembelajaran, dan istilah dalam lingkup kegiatan
pembelajaran.
Berdasarkan pemaparan mengenai hasil dan pembahasan penelitian tersebut
dikemukakan saran kepada beberapa pihak yaitu (1) mahasiswa Program Studi
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia disarankan membaca hasil penelitian ini
untuk mengajukan berbagai permasalahan yang dapat diangkat sebagai bahan diskusi
dalam matakuliah sosiolinguistik dan microteaching, (2) guru sekolah dasar
disarankan membaca hasil penelitian sebagai pertimbangan dalam memilih istilahistilah
yang tepat dalam mendukung proses pembelajaran di kelas, dan (3) peneliti
selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian yang sejenis dengan bahasan yang
lebih meluas dan membandingkan register pendidikan yang berfokus pada
karakteristik register yang digunakan pada berbagai jenjang.