• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TEMA SEJARAH PERADABAN INDONESIA DI SD MUHAMMADIYAH 1 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Novi Dwi Ratna Putri - 120210204007_.pdf (2.591Mb)
    Date
    2016-11-15
    Author
    PUTRI, Novi Dwi Ratna
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA di SD Muhammadiyah 1 Jember dengan jumlah siswa 38 yang terdiri dari 24 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil observasi hasil belajar siswa dianalisis secara deskriptif. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 menunjukkan bahwa hasil belajar siswa (penilaian sikap) mengalami peningkatan dari prasiklus sebesar 13 poin dari 63 menjadi 76. Pada siklus II, skor rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 9,05 poin dari 76 menjadi 85,05. Skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar siswa (penilaian pengetahuan) mengalami peningkatan dari prasiklus sebesar 20,19 poin dari 59,31 menjadi 79,5. Pada siklus II, skor rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 5,86 poin dari 79,5 menjadi 85,36. Skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar siswa (penilaian keterampilan) mengalami peningkatan dari prasiklus sebesar 16,37 poin dari 61,26 menjadi 77,63. Pada siklus II, skor rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 10,37 poin dari 77,63 menjadi 88.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77731
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository