• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    DIAGNOSIS KESULITAN DALAM MEMECAHKAN SOAL CERITA MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN CAMPURAN SISWA KELAS VI CAWU I SDN SUMBERPAKEM I JEMBER TAHUN PELAJARAN 1999 / 2000

    Thumbnail
    View/Open
    Nanag Esharmanto 9402101080_erw.pdf (13.26Mb)
    Date
    2016-11-14
    Author
    Esharmanto, Nanang
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Latar belakang penelitian ini bertitik tolak dari pendapat beberapa ahli yang mengatakan hahwa siswa Sekolah Dasar masih banyak mengalami kesulitan memecahkan soal berbentuk cerita khususnya pecahan campuran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui jenis kesulitan siswa, faktor penyebab kesulitan, dan alternatif pemecahan kesulitannya. Penelitian ini diharapkan bermanfaat sebagai: (1) masukan bagi guru Sekolah Dasar Sumberpakem I dalam usaha preventif terhadap timbulnya kesulitan siswa dan mengadakan remedial teaching (pengajaran perbaikan) terutama yang berkaitan dengan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pokok bahasan pecahan campuran; (2) masukan untuk penelitian sejenis di tempat lain ataupun penelitian yang lebih luas ruang lingkupnya; (3) tambahan pengetahuan tentang penelitian terutama yang berkaitan dengan spesialisasi program studi pendidikan matematika yang ditekuni. Daerah penelitian ditetapkan di SDN Sumberpakem I Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek Penelitian adalah seluruh siswa kelas VI SDN Sumberpakem I Jember sebanyak 30 siswa. Data didapat dengan menggunakan metode tes, dokumentasi, interviu, dan observasi. Jenis kesulitan ditentukan dengan analisis kuantitatif. Sedangkan faktor penyebab kesulitan ditentukan dengan wawancara. Analisis kesalahan menunjukkan adanya kesalahan menentukan hal yang diketahui, hal yang ditanyakan, membuat kalimat matematika, melakukan komputasi, dan kesalahan menulis. Banyaknya kesalahan dinyatakan dalam persentase. Faktor penyebab kesulitan adalah ketidakpahaman siswa terhadap cara menentukan hal yang diketahui dan hal yang ditanyakan, cara membuat kalimat matematika, konsep operasi pecahan campuran khususnya operasi penjumlahan dan pengurangan yang kurang matang, penguasaan bahasa yang kurang memadai, kekurangtelitian siswa pada setiap bilangan yang telah ditulisnya. Dari penelitian ini diharapkan guru dapat menjelaskan kembali cara menentukan hal yang diketahui, hal yang ditanyakan, membuat kalimat matematika, cara melakukan komputasi yang benar, menekankan kembali konsep yang telah diterima siswa, dan meningkatkan penguasaan bahasa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77702
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository