ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH CARREFOUR JEMBER SEBAGAI TEMPAT BERBELANJA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh simultan
dan parsial dari kelompok acuan, kelas sosial, harga, produk, bukti fisik, promosi,
kualitas pelayanan, fasilitas dan lokasi terhadap keputusan konsumen dalam
memilih Carrefour Jember sebagai tempat berbelanja, metode pengambilam
sampel adalah dengan menggunakan metode Accidental Sampling.penelitian ini
menggunakan metode Analisis Regresi Linear Berganda.
Pengaruh simultan variabel kelompok acuan (X1), kelas sosial (X2) Harga
(X3), Produk (X4), bukti fisik (X5), Promosi (X6), Kualitas pelayanan (X7),
Fasilitas (X8) dan Lokasi (X9 ) berpengaruh signifikan terhadap keputusan
konsumen dalam memilih Carrefour Jember sebagai tempat berbelanja. Hal ini
dapat dibuktikan dari hasil analisis yang uji F. Fhitung> Ftabel (21,399> 1,974)
jumlah pengaruh dapat dilihat dari R Square sebesar 0,842 yang menunjukkan
bahwa pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen dalam
keputusan belanja konsumen di Carrefour Jember sebesar 84,2%, sementara
dipengaruhi oleh variabel lain selain penelitian.
Sebagian hasil analisis dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel
kelompok acuan (X1), Harga (X3); Produk (X4), Promosi (X6), Kualitas pelayanan
(X7), Fasilitas (X8) dan Lokasi (X9) secara signifikan mempengaruhi keputusan
konsumen dalam berbelanja di Carrefour Jember karena semua variabel yang
memiliki thitung lebih besar dari ttabel 1,982, sedangkan variabel kelas sosial (X2)
dan Bukti Fisik (X5 ) tidak berdampak efek nyata pada keputusan konsumen
dalam berbelanja di Carrefour Jember thitung, yang memiliki 0,552 dan 0.897
lebih kecil dari ttabel 1,982, variabel yang memiliki pengaruh paling dominan
terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian di Carrefour Jember
adalah variabel produk (X4 ) karena memiliki nilai terbesar adalah: 3,580
Kesimpulan Secara keseluruhan variabel independen (Kelompok Referensi, kelas
sosial, harga, produk, bukti fisik, promosi, kualitas pelayanan, fasilitas dan lokasi
baik sebagian atau efek secara simultan positif dan signifikan terhadap variabel
dependen, sedangkan variabel yang paling berpengaruh di konsumenberbelanja
keputusan adalah variabel yang merupakan produk yang memiliki koefisien
tertinggi3,580.