PROFIL KETUNTASAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL PADA PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) SISWA KELAS VIII-E MTsN ARJASA JEMBER
Abstract
Pembelajaran merupakan faktor paling esensial yang paling berpengaruh
terhadap kualitas pembelajaran di sekolah, oleh karena itu pengembangan metode
pembelajaran terus dikembangkan yang salah satunya adalah melalui inovasi
pembelajaran kontekstual yang ditujukan untuk meningkatkan dan memperbaiki
mutu pendidikan di sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
bagaimana keterlaksanaan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Group
Investigation (GI) siswa kelas VIII-E MTsN Arjasa Jember dan bagaimana
ketuntasan hasil belajar matematika pokok bahasan sistem persamaan linear dua
variabel pada penerapan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) siswa
kelas VIII-E. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui keterlaksanaan
penerapan pembelajaran GI dan ketuntasan hasil belajar matematika pokok bahasan
sistem persamaan linear dua variabel pada penerapan pembelajaran kooperatif tipe
Group Investigation (GI) siswa kelas VIII MTsN Arjasa Jember