• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Management
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Management
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN: Studi Kasus Pada Perusahaan Daerah Air Minum Di Kecamatan Kota Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Teguh Hadi Siswanto 010820101043_.pdf (17.06Mb)
    Date
    2016-11-11
    Author
    SISWANTO, Teguh Hadi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh dari variabel kualitas pelayanan yang terdiri dari Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Emphaty terhadap tingkat kepuasan pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Jember. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari penyebaran angket kepada pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum yang ditentukan sebagai responden dalam penelitian. Sedangkan data skunder diperoleh dari Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Jember dan Badan Pusat Statistik Kabupaten Jember. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda, yaitu untuk mengetahui Pengaruh Variabel bebas kualitas pelayanan (Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Emphaty) terhadap variabel terikat (kepuasan Pelanggan). Pembuktian hipotesis menggunakan uji statistik Regresi secara simultan (uji F) dan Uji Regresi Parsial (Uji t). Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa variabel bebas kualitas pelayanan secara bersamam-sama mempengaruhi variabel terikat kepuasan pelanggan dengan tingkat konstribusi sebesar 81%, sedangkan secara individu atau parsial variabel bebas kualitas pelayanan berpengaruh terhdap variabel terikat kepuasan pelanggan. Adapun sumbangan proporsi dari masing-masing variabel bebas terhdap variabel terikat adalah : Tangible sebesar 38,08%, Reliability sebesar 0,24 %, Responsiveness sebesar 30,57, Assurance sebesar 12,08% dan Emphaty 0,83. Berdasarkan proporsi diatas, dapat disimpulkan bahwa variabel bebas Tangible (X1) berpengaruh paling dominan terhadap variabel terikat Kepuasan pelanggan (Y). Sehingga hipotesis pertama yang berbunyi " ada pengaruh yang signifikan dari Kualitas pelayanan (Xi — X5) terhadap kepuasan pelanggan dapat diterima. Begitu juga hipotesis kedua yang berbunyi bahwa variabel Tangible (X1) merupakan variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap kepuasan pelanggan diterima.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77576
    Collections
    • MT-Management [549]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository