HUBUNGAN ANTARA PEMENUHAN FASILITAS BELAJAR DI RUMAH DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI CAWU 3 SISWA SMU NEGERI 1 ARJASA JEMBER TAHUN PELAJARAN 1999/2000
Abstract
Keberhasilan pendidikan anak tidal{ terlepas dari peran orang tua di dalamnya. Untuk mewujudkan semua itu orang tua perlu memperlengkapi anak dengan berbagai fasilitas belajar guna mendukung anak meraih prestasi belajar yang maksimal. Berdasarkan hal tersebut maka permasalahan dalam penelitian ini adakali dan seberapa besar hubungan antara pemenuhan fasilitas belajar di rumah dengan prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi cawu 3 path siswa SMU Negeri 1 Arjasa Jember pada tahun ajaran 1999/2000. Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui ada dan seberapa besar hubungan antara pemenuhan fasilitas belajar di rumah dengan prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi cawu 3 pada siswa SMU Negeri 1 Arjasa Jember pada tahun ajaran 1999/2000. Sedangkan manfaat dari hasil penelitian ini diharapkan dapat dirasakan oleh penulis, siswa dan orang tua. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan menentukan SMU Negeri 1 Arjasa sebagai lokasi penelitian secara purposive. Subyek penelitian ini ditentukan secara cluster random sampling sebanyak 45 siswa kelas II. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, observasi dan dokumenter. Analisi data menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pemenuhan fasilitas belajar dari orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas II STIAU Negeri Arjasa mata pelajaran ekonomi tahun pelajaran 1999/2000. Hal ini clibuktikan dengan hasil perhitungan yang menunjukkan bahwar hitting sebesur 0,566 sedangkaa r tabel hanya 0,294.