PELAKSANAAN ADMINISTRASI PENERIMAAN DARI PEMBAYARAN REKENING LISTRIK PADA PT. PLN (PERSERO) UNIT PELAYANAN DAN JARINGAN JEMBER KOTA
Abstract
lebih satu bulan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Kegiatan praktek kerja nyata ini bertujuan untuk mengetahui, mengerti dan
memahami dalam pelaksanaan administrasi pembayaran rekening listrik sesuai
dengan prosedur yang ditetapkan oleh PT. PLN (Persero).
2. Perencanaan penagihan rekening listrik
Sebelum melaksanakan penagihan rekening listrk, terlebih dahulu dilakukan
perencanaan meliputi perencanaan kebutuhan tempat pembayaran dan perencanaan
kerjasama antara PLN dengan pihak lain. Setelah dilakukan perencanaan, maka
dapat dilaksanakan penagihan. Pelaksanaan penagihan rekening listrik terdiri dari
beberapa tahapan, yaitu pembacaan meter dan penghitungan rekening listrik
menggunakan sistem komputer. Hasil dari penghitungan rekening listrik otomatis
secara online akan terkirim ke FPN (fungsi penagihan) yang terdapat di loket
pembayaran.
3. Pembayaran rekening listrik
Pembayaran rekening listrik dilaksanakan dalam satu periode yaitu tanggal 1 sampai dengan tanggal 20. Bagi pelanggan yang terlambat membayar tagihan listrik
akan dikenakan biaya keterlambatan. Apabila pelanggan belum juga melunasi
tagihan listrik serta biaya keterlambatan, maka PLN akan mengeluarkan
Pemberitahuan Pemutusan Sementara (TUL VI-01).
Berikut langkah- langkah pelaksanaan administrasi pembayaran rekening
listrik pada PT.PLN (Persero) Unit Pelayanan dan Jaringan Jember Kota :
1. Pelanggan datang ke loket pembayaran dan menunjukan nomor pelanggan pada
petugas loket pembayaran.
Collections
- DP-Financial Management [400]