• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PENAMPAKAN ALAM MELALUI METODE KARYA WISATA DI KELAS IV SDN GRENDEN O4 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Yuli Fita Hartini - 100210274021 (2)_1.pdf (212.9Kb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    Yuli Fita Hartini
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Observasi awal di SD Negeri Grenden 04 menunjukkan bahwa siswa kelas IV mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran utamanya mata pelajaran IPS pokok bahasan penampakan alam. Berdasarkan berdasarkan alasan tersebut, maka rumusan masalahnya Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan metode karya wisata pada pembelajaran IPS kelas IV SDN GRENDEN 04 Jember? Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : 1. Untuk menerapkan metode karya wisata pada pembelajaran IPS dalam pokok bahasan kenampakan alam dengan metode karya wisata pada siswa kelas IV SDN GRENDEN 04 Jember. 2. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan metode karya wisata pada pembelajaran IPS khususnya dalam pokok bahasan kenampakan alam pada siswa kelas IV SDN GRENDEN 04 Jember. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri SDN Grenden 04 Kec. Puger tahun pelajaran 2011 / 2012 dengan jumlah siswa 30 anak. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 2 siklus dan setiap akhir pembelajaran dilakukan evaluasi akhir. Data dikumpulkan melalui metode tes dan observasi. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan alur Prasiklus, Perencanaan I, Tindakan Observasi I, Refleksi, Perencanaan II, Tindakan Observasi II, Refleksi, Kemampuan Siswa Meningkat. Dalam penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu tahap Pra Siklus, Siklus I dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dilanjutkan ke siklus II. Hasil observasi di prasiklus dari 30 siswa hanya 3 siswa yang mencapai ketuntasan dalam mengerjakan soal tes formatif (mendapat nilai 70) dengan ketuntasan klasikal 10%. Hasil penelitian pada siklus I yang merupakan usaha perbaikan untuk meningkatkan hasil belajar IPS Pokok Bahasan Penampakan Alam Melalui Metode Karya Wisata Di Kelas IV menggunakan metode karya wisata, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 15 siswa dengan ketuntasan klasikal 50%. Pada siklus I ditemukan kendala dan masalah yang menyebabkan hasil belajar siswa tidak mencapai ketuntasan secara klasikal, dan akan diperbaiki disiklus II. Pada siklus II yang merupakan usaha perbaikan dari siklus I, berusaha memperbaiki hal-hal pelaksanaan yang belum sepenuhnya sempurna. Terutama belum tuntasnya hasil belajar IPS Pokok Bahasan Penampakan Alam Melalui Metode Karya Wisata Di Kelas IV SD Negeri Grenden 04 Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Setelah dilaksanakan siklus II jumlah siswa yang mencapai ketuntasan 25 siswa dengan ketuntasan klasikal 83%. Dengan demikian bila kita lihat dan kita bandingkan nilai siswa dan ketuntasan klasikal pada prasiklus, siklus I, dan siklus II, menunjukkan bahwa penerapan metode karya wisata dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS Pokok Bahasan Penampakan Alam. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasannya dalam penelitian ini dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut : 1. Menggunakan metode karya wisata dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa. 2. Menggunakan metode karya wisata dapat meningkatkan aktifitas guru dalam proses pembelajaran. 3. Penggunaan metode karya wisata dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal itu dapat dilihat dari semakin meningkatnya siswa yang tuntas belajar yaitu 15 siswa (50%) pada siklus I dan 25 siswa (83%) pada siklus II terjadi peningkatan 10 siswa (33%). Saran yang ingin dikemukakan pada tulisan ini adalah : 1. Bagi guru, hendaknya membiasakan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, sehingga kegiatan pembelajaran menjadi menarik. 2. Bagi kepala sekolah harap bersedia menciptakan kondisi yang merangsang para guru untuk aktif dalam melaksanakan kegiatan kreatif dan apresiatif di sekolah maupun dilingkungan sekolah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7742
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15423]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository