Show simple item record

dc.contributor.authorRully Agustina
dc.date.accessioned2013-12-10T11:00:11Z
dc.date.available2013-12-10T11:00:11Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM070210192039
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7727
dc.description.abstractBerdasarkan data pra siklus yang dilakukan pada tanggal 26 Maret 2012 di kelas VIII A SMP Negeri 2 Balung, ditemukan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa tergolong masih rendah serta karakter siswa masih perlu dikembangkan. Berdasarkan data hasil pra siklus, dari 32 siswa menunjukkan hanya 43,75% siswa yang memperhatikan penjelasan guru sehingga dapat diketahui karakter kerja keras masih perlu dikembangkan, 37,5% siswa yang aktif mencatat sehingga dapat diketahui karakter kerja keras masih perlu dikembangkan, tidak ada siswa yang bertanya pada saat proses belajar mengajar berlangsung meskipun siswa tidak memahami materi yang disampaikan guru sehingga dapat diketahui karakter rasa ingin tahu masih perlu dikembangkan, 43,75% siswa yang mengerjakan tugas sedangkan yang lain mencontek pada teman yang mengerjakan sehingga dapat diketahui karakter jujur dan tanggung jawab masih perlu dikembangkan. Ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Balung juga masih rendah. Berdasarkan data ulangan harian kelas VIII A dari 32 siswa hanya 30% yang mendapatkan nilai ≥ 71 sedangkan 70% siswa lainnya mendapatkan nilai < 71. Berdasarkan uraian di atas masalah yang ada yaitu aktivitas belajar siswa rendah, kararter siswa masih belum berkembang dan ketuntasan hasil belajar siswa rendah, maka diperlukan perbaikan pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Experiental Learning berbasis pengembangan karakter siswa dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa serta mengembangkan karakter siswa menggunakan model pembelajaran Experiental Learning berbasis pengembangan karakter siswa. Model pembelajaran Experiental Learning berbasis pengembangan karakter dalam pembelajaran IPA fisika terdapat kerjasama antar siswa dalam kelompok, motivasi, eksperimen, diskusi, presentasi di depan kelas, dan aktivitas berkarakter sehingga dapat melatih siswa untuk saling berbagi memiliki rasa tanggung jawab, aktif menjawab pertanyaan, berani berbicara di depan kelas, memotivasi siswa dalam belajar, siswa lebih percaya atas kebenaran dari percobaannya sendiri, serta siswa dapat berprilaku baik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian sudah ditetapkan di kelas VIII A SMP Negeri 2 Balung tahun ajaran 2011/2012 yang dimulai tanggal 13 Maret 2012 sampai dengan 5 Mei 2012. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapatkan adalah aktivitas guru dan aktivitas siswa serta karakter siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar pada siklus I dan siklus II serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa. Data tentang aktifitas belajar dan karakter siswa diperoleh dari hasil observasi dengan instrumen observasi. Ketuntasan hasil belajar fisika siswa diperoleh dari hasil post test dan observasi. Aktivitas belajar, karakter, dan ketuntasan belajar fisika siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Aktifitas belajar siswa yang meliputi mendengarkan penjelasan guru, mengerjakan tugas, bertanya, melakukan ekpserimen, dan mencatat mengalami peningkatan dan karakter siswa yang meliputi jujur, tanggung jawab, kerja keras, rasa ingin tahu, disiplin sudah berkembang menjadi membudaya. Berdasarkan analisis hasil belajar fisika pada siklus I diperoleh ketuntasan hasil belajar fisika siswa secara klasikal sebesar 62,5%. Siklus 2 diperoleh ketuntasan hasil belajar fisika siswa secara klasikal sebesar 87,5%. Dari hasil di atas menunjukkan bahwa model pembelajaran Experiental Learning berbasis pengembangan karakter siswa dapat meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa serta dapat mengembangkan karakter siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210192039;
dc.subjectPenerapan Model Pembelajaran,Experiental Learningen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTAL LEARNING BERBASIS PENGEMBANGAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPA FISIKA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 BALUNGen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record