ANALISIS TITIK IMPAS TIGA PRODUK PADA PERUSAHAAN TAHU KARYA PERDANA KABUPATEN JOMBANG (ANALYSIS BREAK EVEN POINT OF THREE PRODUCTS IN THE COMPANY TAHU KARYA PERDANA DISTRICT JOMBANG)
Abstract
Penelitian ini berjudul “ analisis titik impas tiga produk pada perusahaan tahu karya perdana kabupaten Jombang”. Penelitian ini bertujuanan untuk menentukan volume penjualan pada Break Event Point dalam berbagai kondisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus pada perusahaan tahu “Karya Perdana” di Kabupaten Jombang. Pendekatan yang digunakan untuk penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Analisis ini dilakukan untuk dapat menentukan volume pada titik impas sehingga perusahaan tahu dapat merencanakan laba yang di inginkan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa volume penjualan titik impas bisa sangat bervariasi yang berasal dari estimasi komponen- komponen yang mungkin dapat terjadi dan perusahaan tahu Karya Perdana telah mampu mencapai titik impas terendah yang berarti perusahaan tahu Karya Perdana telah mampu memperoleh laba dari hasil penjualan produknya. Semakin kecil titik impas, maka semakin besar peluang pengusaha tahu untuk memperoleh laba dan sebaliknya semakin besar titik impas maka semakin kecil laba yang diperoleh.