Pengaruh Terapi Psikoedukasi terhadap Motivasi Melakukan Operasi Katarak pada Pasien Katarak di Wilayah Kerja Puskesmas Semboro Kabupaten Jember
Date
2016-09-14Author
Siswoyo
A’la, Muhamad Zulfatul
Rahmadani, Mahbub
Metadata
Show full item recordAbstract
Katarak adalah suatu kondisi di mana lensa mata menjadi keruh. Pengobatan yang paling
tepat untuk katarak adalah pembedahan. Kurangnya motivasi untuk melakukan operasi
katarak mengakibatkan angka kejadian katarak terus meningkat. Terapi psikoedukasi adalah
pengobatan yang diberikan secara profesional yang mengintegrasikan intervensi
psikoterapeutik dan pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis
pengaruh terapi psikoedukasi terhadap motivasi untuk melakukan operasi katarak pada pasien
katarak. Penelitian ini menggunakan randomized control group pretest and postest design.
Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling melibatkan 30 responden yang
yang dibagi menjadi 15 responden sebagai kelompok perlakuan dan 15 responden sebagai
kelompok kontrol. Terapi psikoedukasi diberikan dalam dua kali pertemuan. Setiap pertemuan
terdiri dari dua sesi dengan durasi 30 menit pada masing-masing sesi. Data dianalisis
menggunakan uji t dependent dan uji t independen dengan tingkat signifikan 0,05. Hasil
penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan antara prestest dan posttest pada
kelompok perlakuan (p = 0,000), tapi tidak ada yang berbeda signifikan pada kelompok
kontrol (p = 0,515). Hasil uji t independen menunjukkan perbedaan yang signifikan antara
kelompok intervensi dan kelompok kontrol (p = 0,000). Hasil ini menunjukkan bahwa ada
pengaruh yang signifikan dari terapi psikoedukasi pada motivasi untuk melakukan operasi
katarak.
Collections
- LSP-Abstract [67]