PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN AMBULU 01 JEMBER
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan CTL terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Ambulu 01 Jember. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan di SDN Ambulu 01 Jember mulai tanggal 26 Januari sampai tanggal 10 Februari 2016. Penelitian ini menggunakan pola random pre-test post-test design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA dan VB SDN Ambulu 01 Jember. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka dilakukan uji homogenitas terhadap populasi untuk menentukan tingkat kemampuan awal yang dimiliki. Hasil perhitungan uji homogenitas menunjukkan harga = 0,296, kemudian harga tersebut dibandingkan dengan harga dengan db = 80 pada taraf signifikansi 5%. Nilai dengan db = 80 memiliki harga 0,909. Hasil tersebut membuktikan bahwa < yang berarti kemampuan awal siswa sebelum diberi perlakuan adalah homogen. Selanjutnya dilakukan pengundian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, didapatkan kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes yang merupakan skor tes siswa berupa nilai hasil pre-test dan post-test yang dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t.