• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN AMBULU 01 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Sofia Nur Maulida 120210204124-1.pdf (1.919Mb)
    Date
    2016-09-01
    Author
    Maulida, Sofia Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan CTL terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Ambulu 01 Jember. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan di SDN Ambulu 01 Jember mulai tanggal 26 Januari sampai tanggal 10 Februari 2016. Penelitian ini menggunakan pola random pre-test post-test design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA dan VB SDN Ambulu 01 Jember. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka dilakukan uji homogenitas terhadap populasi untuk menentukan tingkat kemampuan awal yang dimiliki. Hasil perhitungan uji homogenitas menunjukkan harga = 0,296, kemudian harga tersebut dibandingkan dengan harga dengan db = 80 pada taraf signifikansi 5%. Nilai dengan db = 80 memiliki harga 0,909. Hasil tersebut membuktikan bahwa < yang berarti kemampuan awal siswa sebelum diberi perlakuan adalah homogen. Selanjutnya dilakukan pengundian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, didapatkan kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes yang merupakan skor tes siswa berupa nilai hasil pre-test dan post-test yang dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76918
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository