• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN FASE-FASE PEMBELAJARAN VAN HIELE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI SIMETRI LIPAT DAN PENCERMINAN BANGUN DATAR SISWA KELAS IV SDN TEGALGEDE 02 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Nur Aliyah 120210204099 -1.pdf (2.370Mb)
    Date
    2016-09-01
    Author
    Aliyah, Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kesulitan belajar yang dialami siswa dalam mata pelajaran matematika ditandai dengan munculnya hambatan dalam mencapai tujuan belajar seperti rendahnya tingkat keaktifan siswa dan rendahnya capaian hasil belajar siswa. Faktor yang melatarbelakangi kesulitan belajar siswa yaitu: (1) faktor stimulus; (2) faktor organisme; dan (3) faktor respon. Teori belajar Van Hiele membahas tentang tingkatan berpikir geometri dan cara meningkatkannya dari satu tingkatan ke tingkatan yang lebih tinggi melalui fase-fase pembelajaran Van Hiele. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan penerapan fase-fase pembelajaran Van Hiele; (2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar simetri lipat dan pencerminan bangun datar pada siswa kelas IV SDN Tegalgede 02 Jember; dan (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar simetri lipat dan pencerminan bangun datar pada siswa kelas IV SDN Tegalgede 02 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reasearch). Pada penelitian ini, tindakan dilakukan dalam dua siklus, masing- masing siklus meliputi empat tahapan yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tegalgede 02 Jember pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Subjek penelitiannya adalah 30 siswa kelas IV yang terdiri atas 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Siklus I dilaksanakan selama dua kali pertemuan, kemudian dilanjutkan dengan tes hasil belajar pada akhir siklus. Adapun siklus II dilaksanakan hanya satu kali pertemuan dan dilanjutkan dengan tes hasil belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Adapun instrumen pengumpulan data pada penelitian ini meliputi pedoman wawancara, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta lembar tes hasil belajar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76879
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository