PROFIL KETUNTASAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL PADA PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) SISWA KELAS VIII-E MTsN ARJASA JEMBER
Abstract
Pembelajaran merupakan faktor paling esensial yang paling berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran di sekolah, oleh karena itu pengembangan metode pembelajaran terus dikembangkan yang salah satunya adalah melalui inovasi pembelajaran kontekstual yang ditujukan untuk meningkatkan dan memperbaiki mutu pendidikan di sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana keterlaksanaan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) siswa kelas VIII-E MTsN Arjasa Jember dan bagaimana ketuntasan hasil belajar matematika pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel pada penerapan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) siswa kelas VIII-E. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui keterlaksanaan penerapan pembelajaran GI dan ketuntasan hasil belajar matematika pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel pada penerapan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) siswa kelas VIII MTsN Arjasa Jember.