Hubungan antara Cerita Bergambar dengan Kemampuan Interpersonal Anak di Paud Kuncup Bunga di Desa Kalibarumanis Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi
Abstract
Anak adalah sebuah karunia dari Tuhan yang di berikan kepada orang tua untuk dijaga, dirawat, dan memperoleh pendidikan yang layak agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang terampil dan berkualitas. Salah satu metodenya menggunakan cerita bergambar. Cerita bergambar adalah cara penyampaian atau penyajian materi pembelajaran secara lisan dalam bentuk cerita dari guru kepada anak didiknya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah Hubungan Antara Cerita Bergambar Dengan Kemampuan Interpersonal Anak di Paud Kuncup Bunga di Desa Kalibarumanis Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi? Sedangkan tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Antara Cerita Bergambar Dengan Kemampuan Interpersonal Anak di PAUD Kuncup Bunga di Desa Kalibaru Manis Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. Adapun manfaat dari penelitian ini, dapat mengembangkan metode untuk mengajar dalam meningkatkan kemampuan interpersonal anak serta di gunakan sebagai tolak ukur kemampuan interpersonal dengan metode bercerita.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasional tata jenjang dengan pendekatan kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian ini menggunakan metode purposive sampling area, yaitu lokasi yang dijadikan sebagai tempat penelitian adalah PAUD Kuncup Bunga Desa Kalibaru Manis Kecamatan Kalibaru. Teknik penentuan subyek penelitian menggunakan populasi, sehingga subyek penelitiannya adalah seluruh anak PAUD di Kuncup Bunga Kalibaru Banyuwangi yang berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Rank Spearman.