dc.description.abstract | Buku pelajaran merupakan buku acuan wajib untuk digunakan di sekolah
yang memuat materi pembelajaran dalam rangka peningkatan kemampuan
penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, potensi fisik. Buku yang digunakan juga
harus memenuhi kriteria kelayakan dari berbagai segi sehingga memudahkan siswa
dalam pembelajaran sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui
ketidaksesuaian buku matematika kelas XI pokok bahasan Fungsi Komposisi dan
Fungsi Invers penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berdasarkan
kriteria Bell. Kriteria Bell terdiri dari empat kriteria, yaitu kriteria yang berhubungan
dengan materi matematika, metode penyampaian materi, karakteristik fisik, dan
petunjuk untuk guru. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen
tunggal, yakni instrumen pertanyaan indikator kriteria Bell yang didapatkan dari hasil
validasi. Analisis buku dilakukan dengan cara menentukan ketidaksesuaian buku
yang akan dianalisis dengan indikator kriteria Bell. Jika isi buku sudah sesuai, maka
tidak perlu diberikan saran perbaikan namun masih diberi masukan apabila terdapat
sesuatu yang kurang lengkap. Jika data tidak sesuai dengan indikator pertanyaan,
maka peneliti akan memberikan saran perbaikan berupa masukan terhadap buku demi
perbaikan buku. Ketidaksesuaian buku matematika SMA kelas XI bab Fungsi
Komposisi dan Fungsi Invers berdasarkan kriteria Bell ditinjau dari kriteria yang
berkaitan dengan materi adalah sebagai berikut. Terdapat fakta matematika yang tidak sesuai dengan penjelasan yaitu pada gambar 3.2 halaman 99 dan gambar 3.2
halaman 97, konsep matematika tidak disajikan secara benar yaitu pada definisi-3.2
halaman 100, keterampilan matematika kurang dimunculkan dan terdapat
keterampilan matematika yang tidak benar yaitu pada contoh 3.13b halaman 112,
terdapat sejumlah kesalahan cetak, tidak memuat struktur matematika, dan terdapat
materi fundamental yang tidak dimunculkan pada buku. Ketidaksesuaian berdasarkan
kriteria Bell ditinjau dari kriteria yang berkaitan dengan metode penyampaian materi
adalah sebagai berikut. Tidak semua permasalahan disajikan untuk siswa dengan
tingkat kemampuan berbeda, tidak semua konsep matematika diikuti oleh contoh
yang relevan, tidak semua topik memuat latihan soal yang terkait dengan topik, tidak
terdapat pertanyaan penuntun/ kerangka bahasan diawal setiap topik, buku tidak
dibuat untuk siswa agar dapat mengevaluasi konsep dan prinsip matematika, dan
buku tidak berisikan prosedur yang dapat digunakan siswa untuk evaluasi secara
mandiri. Ketidaksesuaian buku matematika SMA kelas XI pokok bahasan Fungsi
Komposisi dan Fungsi Invers berdasarkan kriteria Bell ditinjau dari kriteria yang
berkaitan karakteristik fisik adalah sebagai berikut. Judul buku kurang menarik bagi
siswa, buku pada bab Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers tidak memuat gambargambar
yang modern dan up to date, buku tidak disusun dengan baik karena judul
topik yang ditampilkan tidak disajikan berbeda, informasi-informasi pada buku
berupa konsep-konsep dan prinsip-prinsip matematika sulit ditemukan oleh siswa
yang menggunakan buku, dan tidak semua topik yang diajarkan terdapat latihan soal
yang disajikan agar siswa memahami materi pembelajaran. Ketidaksesuaian buku
ditinjau dari kriteria yang berkaitan dengan petunjuk untuk guru adalah sebagai
berikut. Penerbit tidak menyediakan jasa tambahan yang berhubungan dengan
pendidikan seperti buku penunjang, buku tidak memuat indekstidak terdapat tugas
rumah yang menarik, proyek siswa dan aktifitas laboratorium yang dicantumkan bersamaan dengan kumpulan latihan. | en_US |