Show simple item record

dc.contributor.advisorDafik
dc.contributor.advisorKurniati, Dian
dc.contributor.authorHIKMAH, Siti Wulandari Nurul
dc.date.accessioned2016-08-25T08:46:51Z
dc.date.available2016-08-25T08:46:51Z
dc.date.issued2016-08-25
dc.identifier.nim120210101088
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76792
dc.description.abstractBuku pelajaran merupakan buku acuan wajib untuk digunakan di sekolah yang memuat materi pembelajaran dalam rangka peningkatan kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, potensi fisik. Buku yang digunakan juga harus memenuhi kriteria kelayakan dari berbagai segi sehingga memudahkan siswa dalam pembelajaran sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui ketidaksesuaian buku matematika kelas XI pokok bahasan Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berdasarkan kriteria Bell. Kriteria Bell terdiri dari empat kriteria, yaitu kriteria yang berhubungan dengan materi matematika, metode penyampaian materi, karakteristik fisik, dan petunjuk untuk guru. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tunggal, yakni instrumen pertanyaan indikator kriteria Bell yang didapatkan dari hasil validasi. Analisis buku dilakukan dengan cara menentukan ketidaksesuaian buku yang akan dianalisis dengan indikator kriteria Bell. Jika isi buku sudah sesuai, maka tidak perlu diberikan saran perbaikan namun masih diberi masukan apabila terdapat sesuatu yang kurang lengkap. Jika data tidak sesuai dengan indikator pertanyaan, maka peneliti akan memberikan saran perbaikan berupa masukan terhadap buku demi perbaikan buku. Ketidaksesuaian buku matematika SMA kelas XI bab Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers berdasarkan kriteria Bell ditinjau dari kriteria yang berkaitan dengan materi adalah sebagai berikut. Terdapat fakta matematika yang tidak sesuai dengan penjelasan yaitu pada gambar 3.2 halaman 99 dan gambar 3.2 halaman 97, konsep matematika tidak disajikan secara benar yaitu pada definisi-3.2 halaman 100, keterampilan matematika kurang dimunculkan dan terdapat keterampilan matematika yang tidak benar yaitu pada contoh 3.13b halaman 112, terdapat sejumlah kesalahan cetak, tidak memuat struktur matematika, dan terdapat materi fundamental yang tidak dimunculkan pada buku. Ketidaksesuaian berdasarkan kriteria Bell ditinjau dari kriteria yang berkaitan dengan metode penyampaian materi adalah sebagai berikut. Tidak semua permasalahan disajikan untuk siswa dengan tingkat kemampuan berbeda, tidak semua konsep matematika diikuti oleh contoh yang relevan, tidak semua topik memuat latihan soal yang terkait dengan topik, tidak terdapat pertanyaan penuntun/ kerangka bahasan diawal setiap topik, buku tidak dibuat untuk siswa agar dapat mengevaluasi konsep dan prinsip matematika, dan buku tidak berisikan prosedur yang dapat digunakan siswa untuk evaluasi secara mandiri. Ketidaksesuaian buku matematika SMA kelas XI pokok bahasan Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers berdasarkan kriteria Bell ditinjau dari kriteria yang berkaitan karakteristik fisik adalah sebagai berikut. Judul buku kurang menarik bagi siswa, buku pada bab Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers tidak memuat gambargambar yang modern dan up to date, buku tidak disusun dengan baik karena judul topik yang ditampilkan tidak disajikan berbeda, informasi-informasi pada buku berupa konsep-konsep dan prinsip-prinsip matematika sulit ditemukan oleh siswa yang menggunakan buku, dan tidak semua topik yang diajarkan terdapat latihan soal yang disajikan agar siswa memahami materi pembelajaran. Ketidaksesuaian buku ditinjau dari kriteria yang berkaitan dengan petunjuk untuk guru adalah sebagai berikut. Penerbit tidak menyediakan jasa tambahan yang berhubungan dengan pendidikan seperti buku penunjang, buku tidak memuat indekstidak terdapat tugas rumah yang menarik, proyek siswa dan aktifitas laboratorium yang dicantumkan bersamaan dengan kumpulan latihan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKRITERIA BELLen_US
dc.titleANALISIS BUKU TEKS MATEMATIKA PENERBIT KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNTUK SMA KELAS XI POKOK BAHASAN FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS BERDASARKAN KRITERIA BELLen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record